Resep Sambal Tempoyak Ikan Teri/Bilis

Sambal Tempoyak Ikan Teri : Hari ini untuk menu makan siang ini pakai sambal tempoyak ikan teri. Resep sambal tempoyak ikan teri ini kebetulan baru kedua kalinya bikin, karena untuk mendapatkan bahan tempoyak duriannya agak susah juga sih kalo gak pesen dulu ke bibi sayur langganan. Sambal khas masakan melayu ini punya rasa yang unik, mungkin karena ada bahan campuran tempoyaknya kali ya! Sehingga rasa yang sedikit berbeda dan unik ini mungkin yang bikin sambal tempoyak ikan teri ini bikin ngangenin...heheehe.

Cara membuat sambal tempoyak ikan teri

Bahan-bahan utama yang digunakan untuk membuat Sambal Tempoyak Ikan Teri :
1. 100 gram Teri Medan.
2. 120 gram Tempoyak Durian.
3. 10 buah Cabai Rawit.
4. 8 buah Cabai Merah.
5. 7 butir Bawang Merah.
6. 1 buah Tomat.
7. 1/2 sendok teh Garam atau secukupnya.
8. 2 sendok makan Minyak Goreng.

Cara buat Sambal Tempoyak Ikan Teri :
1. Goreng dahulu ikan teri sampai matang. Lalu angkat dan tiriskan.

2. Selanjutnya, rebus semua bahan sambal seperti cabai rawit, cabai merah dan tomat sampai layu. Lalu angkat dan tiriskan.

3. Kemudian, haluskan bahan sambal yang sudah direbus tadi bersama dengan garam sampai halus. Lalu sisihkan.

4. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng, kemudian tumis bahan sambal yang sudah dihaluskan tadi hingga beraroma harum.

5. Setelah itu, masukkan ikan teri goreng dan tempoyak durian kedalam wajan. Lalu aduk-aduk sampai merata dan masak sambal tempoyak ikan teri sampai matang. Lalu angkat dan sajikan sambal tempoyak ikan teri dimangkuk saji.

6. Sambal tempoyak ikan teri sudah siap untuk dijadikan sambal cocolan lauk Opor Ayam Kuning, atau dengan lauk Gulai Ayam Tanpa Santan sebagai lauk utama menu makan Anda.

Bagaiman! Tidak sulit kan, cara membuat sambal tempoyak ikan terinya? Selamat mencoba memasak resep sambal tempoyak ikan teri dan selamat menikmati sambal tempoyak ikan teri hasil masakan Anda.

Post a Comment for "Resep Sambal Tempoyak Ikan Teri/Bilis"