Resep Cumi Asin Balado Pete Enak

Cumi Asin Balado Pete : Kalau ditanya masakan apa yang sederhana, tapi bikin nasi sebakul abis... hemm kalau saya sih, salah satunya ya, cumi asin gini. Simple aja bahan-bahannya, apalagi bikinnya juga gak pake lama. Tapi... efeknya bikin nggak berhenti makan, karena nikmat tiada tara deh pokoknya,,,hehee.

Biasanya kalo masak cumi asin saya tumis aja pakai cabai hijau atau cabai rawit yang banyak, tapi untuk resep cumi kali ini biar tampil beda cumi asinnya pake bumbu balado. Dan yang nggak boleh ketinggalan kalau masak cumi asin gini yaa, si hijau dong pastinya, siapa lagi kalau bukan pete! Yang pasti rasanya gak bisa diungkapkan dengan kata-kata... enak deh.
Nah loh! Biar gak makin penasaran, yukk masak sendiri didapur Anda.

Resep cumi asin balado

Bahan dan bumbu utama yang digunakan untuk membuat cumi asin balado pete :
1. 250 gram Cumi Asin.
2. 2 papan Pete, dibelah mejadi dua.
3. 2 lembar Daun Salam.
4. 1 ruas Lengkuas, di geprek.
5. 1 sendok teh Gula Pasir.
6. 100 ml Air bersih.
7. Garam sesuai selera (kalau saya tidak pakai garam, karena cumi sudah asin, boleh ditambahkan garam jika kurang asin, atau sesuai selera).

Bahan bumbu yang digunakan untuk membuat bumbu halus cumi asin balado pete :
1. 10 buah Cabai Rawit merah.
2. 4 buah Cabai Merah.
3. 8 buah Bawang Merah.
4. 4 siung Bawang Putih.
5. Minyak Goreng secukupnya untuk menumis bumbu cumi asin balado pete.

Cara membuat Cumi Asin Balado Pete :
1. Siapkan wadah, lalu rendam cumi asin pakai air panas. Lalu diamkan cumi terendam air panas selama 20 menit. Lalu bilas dengan air hangat dan tiriskan.

2. Siapkan wajan untuk menumis dan panaskan minyak goreng secukupnya. Lalu tumis bahan bumbu yang sudah dihaluskan beserta daun salam dan lengkuas. Tumis bahan bumbu hingga beraroma harum.

3. Setelah tumisan bumbu harum, masukkan cumi asin kedalam wajan tumisan bumbu. Lalu aduk-aduk agar tercampur merata.

4. Sesudah itu, tambahkan air dan gula pasir kedalam wajan. (Untuk garam, lebih baik jangan dulu ditambahkan, karena cumi sudah asin). Lalu masak cumi sampai air sedikit menyusut.

5. Terakhir, tambahkan pete kedalam wajan. Lalu aduk-aduk kembali dan masak hingga pete setengah matang dan bumbu meresap. Lalu angkat dan sajikan cumi asin balado petai di piring saji.

6. Cumi asin balado siap untuk disajikan bersama nasi hangat sebagai menu utama makan bersama keluarga tercinta Anda.

Tips cara memasak cumi asin balado Pete :
• Untuk tambahan garamnya, nanti belakangan aja yaa, karena cumi asin yang saya beli ini, biarpun sudah direndam air panas dan dibilas sampai dua kali masih tetep asin. Jadi daripada entar cumi baladonya keasinan, mending nggak usah pakai garem dulu aja ya! Tapi kalau setelah di icip kurang asin, baru tambah garam sesuai selera Anda.

Gimana! Cukup mudah kan, cara masak resep cumi asin balado pete'nya?
Selamat mencoba dan selamat menikmati hasil masakan Resep Cumi Asin Balado Pete hasil kreasi masakan Anda.

Post a Comment for "Resep Cumi Asin Balado Pete Enak"