Resep Empal Gepuk Daging Sapi Serundeng

Empal Gepuk Serundeng : Kalo suasana masih hari lebaran, biasanya untuk menu makan kita tidak jauh dari olahan ayam dan daging. Untuk kali ini saya akan berbagi resep masakan olahan dari daging sapi, dengan nama resep empal gepuk daging sapi serundeng.

Resep empal gepuk serundeng ini juga menjadi menu masakan yang disukai anak-anak. Karena selain tekstur daging sapinya yang empuk, juga karena taburan bumbu serundengnya yang wangi dan enak. Sehingga menambah selera anak-anak untuk menambah nafsu makan. Biar gak penasaran, yuuk langsung kita buat aja resep empal gepuk serundeng daging sapinya yang empuk dan enak.

Cara membuat empal daging sapi gepuk serundeng

Bahan-bahan dan bumbu utama yang digunakan untuk membuat Empal Gepuk Daging Sapi Serundeng :
1. 500 gram Daging Sapi Murni segar.
2. 500 ml Air + Air untuk merebus daging sapi.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bumbu halus Empal Gepuk Daging Sapi Serundeng :
1. 5 butir Bawang Merah.
2. 6 siung Bawang Putih.
3. 1 sendok teh Ketumbar.
4. 1 sendok makan Gula Merah, di iris tipis.
5. 1 sendok teh Garam.
6. 3 sendok makan Minyak Goreng.

Bahan-bahan yang digunaka untuk membuat Bumbu Serundeng Empal Gepuk Daging Sapi :
1. 1/2 butir Kelapa, diparut.
2. 100 gram Lengkuas parut.
3. 4 butir Bawang Merah.
4. 4 siung Bawang Putih.
5. 3 lembar Daun Salam.
6. 3 sendok makan Gula Merah, di sisir halus.
7. 1 sendok teh Garam.

Cara membuat Empal Gepuk Daging Sapi Daging Sapi Serundeng :
1. Jangan potong-potong dahulu daging sapi, cukup cuci sampai bersih daging sapi. Lalu siapkan panci dan isi air secukupnya untuk merebus daging. Setelah itu, rebus daging sapi sampai menjadi empuk dan matang. Lalu angkat dan tiriskan.

2. Sesudah daging matang, lalu iris-iris dan potong-potong daging sapi dengan cara mengiris daging mengikuti serat daging, iris daging kira-kira dengan ketebalan 1 cm. Setelah itu, pukul-pukul atau gepuk daging sapi sampai melebar, setelah selesai dan sisihkan.

3. Siapkan ulekan, lalu haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar di ulek sampai halus. Setelah selesai sisihkan.

4. Siapkan wajan untuk menumis bumbu dan panaskan minyak goreng didalam wajan. Lalu tumis bahan bumbu yang sudah di haluskan tadi sampai beraroma harum. Setelah bumbu harum, masukkan air kedalam wajan. Lalu masak air bumbu sampai mendidih.

5. Setelah air mendidih, masukkan irisan daging gepuk beserta gula pasir dan garam kedalam wajan. Lalu masak daging sampai air menjadi habis, agar bumbu dapat meresap pada daging dan daging benar-benar matang. Lalu angkat dan sisihkan.

6. Siapkan wajan untuk menggoreng empal daging dan panaskan minyak goreng secukupnya. Lalu goreng empal daging sampai warnanya berubah agak kecokelatan dan daging matang. Lalu angkat empal daging dan tiriskan.

7. Sesudah itu, masukkan menjadi satu semua bahan serundeng kedalam wajan. Lalu aduk-aduk bahan serundeng sampai tercampur merata. Lalu sangrai semua bahan serundeng yang sudah dicampur tadi sampai bahan serundeng berwarna kuning kecokelatan. Lalu angkat dan tumbuk bahan serundang, tapi jangan terlalu halus.

8. Siapkan wajan untuk menggoreng serundeng dan panaskan minyak goreng secukupnya. Lalu masukkan serundeng kedalam wajan, dan masak serundeng sambil terus diaduk-aduk agar tidak gosong. Masak serundeng sampai warnanya menjadi cokelat tua.

9. Setelah serundeng matang, masukkan empal daging gepuk yang sudah di goreng tadi kedalam wajan gorengan serundeng. Lalu aduk-aduk dan masak sebentar saja. Lalu angkat dan sajikan empal gepuk serundeng dipiring saji.

10. Empal gepuk daging sapi serundeng sudah siap untuk disantap bersama dengan lalapan tambahan dan sambal kesukaan untuk menjadi menu makan keluarga Anda.

Bagaimana! Tidak sulit kan, cara membuat empal gepuk daging sapi serundengnya? Selamat mencoba membuat resep empal gepuk serundeng dan selamat menikmati empal gepuk daging sapi serundeng hasil masakan Anda.

Post a Comment for "Resep Empal Gepuk Daging Sapi Serundeng"