Resep Opor Ayam Kuah Putih

Opor Ayam Kuah Putih : Masih diseputar resep masakan khas lebaran, resep masakan olahan daging ayam yang bisa disebut opor ayam kuah putih. Resep masakan opor ayam ini bisa menjadi resep masakan opor ayam yang patut dicoba dibuat dirumah Anda, bagi Anda yang sudah bosan dengan resep masakan opor ayam kuah kuning yang biasa.

Cara membuat opor ayam kuah putih ini sangat mudah, hanya saja pada bahan bumbu opor ayam kuah putih ini ada tambahan bahan kelapa parut yang disangrai kering. Sehingga menjadikan opor ayam ini akan semakin gurih dan enak tentunya. Udah gak sabar kepengen bikin opor ayam ini? Yuk, mari kita buat opor ayam kuah putihnya didapur Anda.

Resep opor ayam putih

Bahan-bahan dan bumbu utama yang digunakan untuk membuat Opor Ayam Kuah Putih :
1. 1 ekor Ayam, dipotong menjadi 8 bagian.
2. 750 ml Santan Kelapa.
3. 3 lembar Daun Jeruk.
4. 2 batang Serai, di ikat, lalu dimemarkan.
5. 2 cm jahe, dimemarkan.
6. 1 sendok teh Asam Jawa tanpa biji.
7. 1 bungkus Penyedap Rasa Ayam.
8. 200 gram Kelapa setengah tua, diparut, lalu disangrai kering dan ditumbuk halus.

Bahan bumbu yang digunakan untuk membuat bumbu halus Opor Ayam Kuah Putih :
1. 8 butir Bawang Merah.
2. 4 siung Bawang Putih.
3. 6 butir Kemiri, disangrai.
4. 1 sendok makan Ketumbar, disangrai.
5. 1 sendok teh Jintan, disangrai.
6. 1 sendok teh Garam.
7. 3 sendok makan Minyak Goreng.

Cara membuat Opor Ayam Kuah Putih :
1. Cuci sampai bersih daging ayam yang sudah dipotong-potong tadi, setelah selesai sisihkan.

2. Siapkan wajan tanpa minyak, lalu sangrai kelapa parut sampai kering dan warnanya menjadi kuning. Lalu angkat kelapa sangrai, sesudah itu tumbuk kelapa parut sangrai sampai halus. Setelah halus, sisihkan.

3. Siapkan wajan diatas kompor dan panaskan minyak goreng. Lalu tumis bahan bumbu yang sudah dihaluskan beserta daun jeruk, serai dan jahe. Lalu aduk-aduk dan masak hingga bumbu beraroma harum.

4. Setelah tumisan bumbu harum, masukkan ayam kedalam wajan tumisan bumbu. Lalu aduk-aduk kembali dan masak ayam hingga berubah warna.

6. Setelah itu, tuang santan kedalam wajan, lalu aduk-aduk sampai merata. Sesudah itu, masukkan penyedap rasa dan kelapa sangrai halus kedalam wajan. Lalu masak ayam hingga empuk.

7. Terakhir, masukkan asam jawa kedalam wajan. Lalu masak sambil terus diaduk-aduk, agar santan tidak pecah. Masak hingga semua bahan menjadi harum, matang dan santan mengental. Lalu angkat dan sajikan opor ayam kuah putih dimangkuk saji.

8. Opor ayam kuah putih siap untuk disantap bersama nasi hangat dan sayuran kesukaan untuk dijadikan menu lauk utama makan bersama keluarga tercinta Anda.

Gaimana! Cukup mudah kan, cara membuat opor ayam kuah putihnya? Selamat mencoba memasak resep opor ayam kuah putih dan selamat menikmati opor ayam kuah putih hasil masakan Anda.

Post a Comment for "Resep Opor Ayam Kuah Putih"