Resep Kacang Thailand Pedas Manis dengan & Tanpa Oven

Kacang Thailand Tanpa Oven : Kacang goreng yang dibalut dengan bumbu pedas manis ini sepertinya masih tetap menjadi makanan hidangan wajib dihari raya. Kenapa kacang ini dinamakan kacang thailand? Karena ya memang makanan jenis kacang ini asalnya dari thailand. Dan untuk jenis kacang thailand ini bahan yang digunakannya tidak hanya menggunakan kacang tanah saja, tapi juga bisa menggunakan kacang mede maupun kacang almond.

Untuk membuat kacang thailand ini sebenarnya tidak sesulit yang kita bayangkan siih...dan untuk membuat kacang thailand ini bisa menggunakan oven, atau tidak menggunakan oven. Dan untuk kualitas hasil yang kita dapatkan itu sebenarnya tergantung dari kualitas kacang yang kita gunakan untuk membuat kacang thailandnya. Dan untuk kali ini saya akan berbagi resep kacang thailand tanpa oven yang bisa langsung dipraktekkan didapur Anda sekarang.

resep kacang thailand no oven

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Kacang Thailand Tanpa Oven :
1. 1/2 kilo gram Kacang Tanah Kualitas Super.
2. 12 lembar Daun Jeruk Nipis, dibuang tulang daunnya.
3. 8 siung Bawang Putih, diiris tipis, lalu digoreng.
4. 5 buah Cabai Merah Keriting, atau sesuai selera.
5. 4 batang Serai.
6. 2 sendok makan Ebi.
Penyedap rasa (optional)
7. 2 sendok makan Gula Pasir.
8. 1 sendok makan Cuka.
9. 1/4 sendok teh Garam.
10. Air secukupnya.
11. Minyak Goreng untuk menggoreng Kacang Thailand Tanpa Oven.

Cara membuat Kacang Thailand Tanpa Oven :
1. Pertama, rendam kacang tanah beserta campuran garam dan penyedap rasa dengan air panas mendidih selama sekitar 10 menit. Lalu angkat dan tiriskan kacang sampai kering.

2. Setelah kacang kering, siapkan wajan dan panaskan minyak yang banyak sampai minyak benar-benar panas. Lalu goreng kacang tanah sampai warna kacang berubah agak kuning kecoklatan dan kacang matang. Lalu angkat dan sisihkan.

3. Haluskan cabai merah keriting bersama serai dan garam. Lalu tumis bahan bumbu ini sampai beraroma harum. Lalu tambahkan sedikit air. Selanjutnya, masukkan gula pasir dan cuka kedalam bumbu. Lalu aduk-aduk bumbu sampai gula mencair dan bumbu tercampur merata.

4. Selanjutnya, masukkan kacang tanah yang telah digoreng tadi bersama ebi dan daun jeruk kedalam wajan bumbu. Lalu aduk-aduk sampai semua bahan tercampur merata. Masak kacang sampai bumbu menempel pada kacang dan bumbu agak mengental matang. Lalu angkat kacang dan taburi kacang dengan irisan bawang putih goreng.

5. Resep Kacang Thailand Oven :
Kalau Anda ingin melanjutkan dengan membuat kacang thailand oven, maka pindahkan kacang thailand yang sudah dibumbui tadi kedalam loyang. Lalu panggang kacang thailand didalam oven dengan suhu 130 derajat selama 15 menit, atau sampai daun jeruk terlihat kering dan kacang thailand oven matang. Lalu keluarkan kacang thailand dari oven dan tiriskan.

6. Resep Kacang Thailand tanpa Oven :
Kalau Anda ingin menjadikan kacang thailand tanpa oven, Anda bisa melanjutkan langkah selanjutnya. Yaitu dengan menggoreng kacang yang sudah dibumbui tadi kedalam wajan yang berisi minyak yang sudah benar-benar panas. Goreng kacang thailand dengan api kecil, sambil terus diaduk-aduk agar semua kacang menerima panas yang sama dan kacang dapat matang merata. Lalu angkat dan tisiskan kacang sebelum kacang thailand dimasukan kedalam toples.

7. Kacang thailand tanpa oven sudah siap untuk dimakan untuk dijadikan makanan cemilan kesukaan Anda, atau menjadi kue sajian dihari raya.

Baca juga:
Resep Kue Lapis Susu.
Resep Kue Lumpur Labu Kuning.
Resep Bolu Ketan Hitam Panggang.

Gimana! Sangat mudah kan, cara membuat kacang thailand dengan atau tanpa ovennya? Selamat mencoba membuat resep kacang thailand tanpa oven dan selamat menikmati kacang thailand hasil buatan Anda yang disukai keluarga Anda semua.

Post a Comment for "Resep Kacang Thailand Pedas Manis dengan & Tanpa Oven"