Resep Tongseng Kambing Tanpa Santan yang Enak

Tongseng Kambing Tanpa Santan : O'iya tongseng kambing itu dari segi rasa mirip-mirip dengan gulai, cuma ada sedikit yang membedakannya, kalau tongseng memakai tambahan sayuran yang ditumis seperti kol, tomat dan daun bawang. Biasanya pada umumnya membuat tongseng memakai santan kelapa, tapi untuk resep tongseng kambing yang saya share ini tanpa santan, karena saya ingin kuahnya itu light saja tidak terlalu kental.

Agar tongseng kambingnya empuk dan enak, diusahakan menggunakan daging kambing muda yang umurnya dibawah 5 bulan ya... Biar daging kambingnya empuk dan lunak. Terus dari segi bau daging kambing muda tidak terlalu bau prengus, yang mungkin gara-gara nyium bau prengus kambing, bikin banyak orang yang bikin kurang suka dengan daging kambing.
Yukk, langsung dipraktekkan didapur Anda resep tongseng kambing tanpa santannya.

Resep tongseng kambing tanpa santan

Bahan dan bumbu utama yang dipergunakan untuk membuat tongseng kambing tanpa santan :
1. 500 gram Daging Kambing Muda.
2. 250 gram Kol, di iris-iris tipis.
3. 5 buah Bawang Merah, di iris-iris.
4. 3 siung Bawang Putih, di iris-iris.
5. 10 buah Cabai Rawit, dipotong sesuai selera.
6. 1 buah Tomat, dipotong-potong.
7. 1 batang Daun Bawang, dipotong-potong.
8. 3 sendok makan Kecap Manis.
9. 3 lembar Daun Jeruk.
10. 2 lembar Daun Salam.
11. 3 cm Lengkuas, dimemarkan.
12. 1 batang Sereh.
13. Gula pasir secukupnya.
14. Garam sesuai selera.
15. 1500 ml Air bersih.

Bahan bumbu yang digunakan untuk membuat bumbu halus tongseng kambing tanpa santan :
1. 6 buah Bawang Merah.
2. 4 siung Bawang Putih.
3. 4 butir Kemiri, di sangrai.
4. 1 sendok teh Ketumbar.
5. 1/2 sendok teh Merica.
6. 3 cm Kunyit.
7. 1 cm Jahe
8. Minyak Goreng secukupnya untuk menumis bumbu tongseng kambing tanpa santan.

Cara memasak Tongseng Kambing Tanpa Santan :
1. Siapkan wajan dan isi dengan air, lalu rebus daging kambing beserta dengan daun salam sampai setengah matang. Lalu angkat dan daging kambing dipotong-potong sesuai selera. Sesudah itu, masukkan lagi daging kambing kedalam panci tadi, lalu sisihkan.

2. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng secukupnya. Lalu tumis bahan bumbu yang sudah dihaluskan beserta dengan daun jeruk, lengkuas dan sereh. Masak bumbu sampai beraroma harum.

3. Setelah tumisan bumbu beraroma harum, angkat wajan tumisan bumbu dan bumbunya dimasukkan kedalam panci rebusan daging kambing. Lalu rebus kembali daging kambing sampai tekstur daging kambing menjadi empuk. Lalu sisihkan.

4. Siapkan wajan kembali dan panaskan minyak goreng secukupnya. Lalu tumis bawang merah, bawang putih dan cabai rawit sampai beraroma harum.

5. Setelah itu, tambahkan kol, tomat, daun bawang dan kecap kedalam wajan tumisan bumbu. Lalu masak bumbu dan kol hingga layu.

6. Angkat wajan tumisan bumbu, lalu masukkan bumbu tumis kol kedalam panci rebusan daging kambing. Lalu masak lagi hingga mendidih dan tongseng kambing matang. Lalu angkat dan sajikan tongseng kambing tanpa santan di mangkuk saji.

7. Tongseng kambing tanpa santan siap untuk dihidangkan sebagai lauk utama bersama nasi hangat, lalapan, sayur dan kerupuk emping sebagai pelengkap tambahan untuk menjadi menu pelengkap makan keluarga Anda.

Gimana! Cukup mudah kan, cara memasak Resep Tongseng Kambing Tanpa Santan'nya?
Selamat mencoba memasak dan selamat menikmati masakan Resep Tongseng Kambing Tanpa Santan hasil masakan Anda.

Post a Comment for "Resep Tongseng Kambing Tanpa Santan yang Enak"