Resep Nasi Kebuli Daging Kambing Spesial Enak

Nasi Kebuli Daging Kambing : Hai, untuk kali ini saya mau berbagi resep nasi kebuli yang enak walaupun dimasak pakai magic com, jadi untuk masak daging kambingnya terpisah. Biar daging kambingnya empuk, jadi daging kambing saya presto dulu. Selain biar daging cepet empuk juga biar cepet mateng daging kambingnya.

Dan untuk bumbunya saya buat sekalian yang banyak, terus dibagi dua, yang satu untuk bumbu campuran nasi dan untuk sisa bumbunya untuk bumbu daging kambing. Resep nasi kebuli kambing ini nasi kebuli ala-ala saya, selain bahannya yang serba praktis, juga cara masaknya gak ribet. Silahkan dipraktekkan dirumah Anda. Yang pada intinya, kalau mau masak daging kambing biar bau khasnya itu hilang, tinggal banyakin saja bumbu dan rempah-rempahnya.

Resep nasi kebuli daging kambing

Bahan dan bumbu utama yang digunakan untuk membuat nasi kebuli daging kambing :
1. 500 gram Daging Kambing Muda.
2. 4 lembar Daun Jeruk.
3. 4 buah Cengkeh.
4. 2 buah Kayu manis.
5. 2 buah Bunga Pekak.
6. 1 batang Sereh.
---
7. 3 cup Beras Putih pulen.
8. 1 batang Kayu Manis.
9. 2 buah Cengkeh.
10. 1 butir Pala, di geprek.
11. 1 bunga Pekak.
12. 1 buah Kapulaga.
13. 1 batang Sereh.
14. 1/4 sendok teh Garam.
----
15. 1/2 potong Bawang Bombay, di iris halus.
16. Gula Pasir secukupnya.
17. Garam secukupnya.

Bahan bumbu yang digunakan untuk membuat bumbu halus nasi kebuli daging kambing :
1. 15 butir Bawang Merah.
2. 6 siung Bawang Putih.
3. 1 sendok makan Ketumbar, di sangrai.
4. 1 sendok teh Merica bubuk.
5. 1/2 sendok teh Jintan, di sangrai.
6. 2 butir Kapulaga.
7. 1/4 sendok teh Adas (opsional).
8. 3 cm Kunyit  di bakar.
9. 2 cm Jahe, di geprek.
10. Minyak wijen atau minyak sayur secukupnya untuk menumis bumbu.

Bahan untuk membuat acar nanas pelengkap nasi kebuli daging kambing :
1. Air Jeruk Nipis secukupnya.
2. Buah Nanas, dipotong-potong secukupnya.
3. Ketimun secukupnya.
4. Wortel secukupnya.
5. Nawang Merah secukupnya.
6. Cabai Rawit sesuai selera.

Cara membuat Nasi Kebuli Daging Kambing :
1. Rebus daging kambing yang sudah dipotong dengan air secukupnya. Beserta dengan daun jeruk, cengkeh, kayu manis, bunga pekak dan sereh. Masak daging kambing sampai lunak dan matang.
Kalau pakai presto cuma dipresto selama 30 menit matang. Lalu angkat dan sisihkan.

2. Untuk kuah atau kari daging kambing sisa merebus daging kambing dipisahkan dan dibagi menjadi 2. Kuah kari daging kambing yang 1 untuk tambahan kuah untuk memasak daging kambing, dan kuah kari daging sisanya untuk tambahan kuah memasak nasi kebuli.

3. Siapkan wajan dan panaskan minyak wijen secukupnua. Lalu tumis bahan bumbu yang sudah dihaluskan sampai beraroma harum. Sesudah bumbu tumis matang, ambil 1/2 bagian bumbu tumis untuk bumbu nasi kebuli.

4. Setelah itu, masukkan daging kambing beserta dengan rempah-rempah dan air kaldu nya kedalam wajan tumisan bumbu. Lalu aduk-aduk sampai semua bahan bumbu tercampur merata.

5. Sesudah itu, tambahkan garam, gula pasir dan irisan bawang bombay kedalam wajan. Lalu masak sampai bumbu meresap dan air kaldu menjadi kering. Lalu angkat dan sisihkan.

6. Tips (opsional), bila suka dengan tekstur daging kambing yang kering, Anda bisa menggoreng daging kambing terlebih dahulu dengan sedikit minyak. Goreng daging kambing sebentar saja atau daging kambing bisa disajian langsung.

7. Cara masak nasi kebuli dengan menggunakan alat magic com :
Cuci beras, lalu masukan beras kedalam magic com beserta dengan kayu manis, cengkeh, pala, bunga pekak, kapulaga, serai, garam, 1/2 bumbu halus yang sudah ditumis dan air kaldu. Untuk takaran air memasak nasi, ukuran airnya seperti memasak nasi biasa + setelah ditambahkan air kuah kaldu daging kambing. Masak nasi sampai matang. Lalu angkat dan sajikan.

8. Cara membua acar nanas untuk pelengkap nasi kebuli daging kambing :
Siapkan wajan panci kecil, lalu didihkan air. Lalu beri gula dan garam secukupnya. Setelah itu dinginkan. Setelah air dingin, tambahkan air jeruk nipis, lalu aduk-aduk merata. Lalu masukan potongan nanas, ketimun, wortel, bawang merah dan cabai rawit sesuai selera. Selanjutnya, sajikan acar untuk nasi kebuli daging kambing dan sisa acarnya bisa disimpan didalam kulkas.

9. Nasi kebuli siap untuk disajikan bersama dengan daging kambing, acar, bawang goreng dan emping sebagai hidangan menu makan dihari istimewa Anda bersama dengan keluarga tercinta Anda.

Selamat mencoba memasak dan menikmati Resep Nasi Kebuli Daging Kambing hasil masakan Anda.

Post a Comment for "Resep Nasi Kebuli Daging Kambing Spesial Enak"