Resep Sambal Goreng Kentang Ati Ampela

Sambal Goreng Kentang Ati Ampela : Masakan ini adalah salah satu resep masakan favorit keluarga, paling enak dimakan sama opor ayam...tapi kalo gak ada opor ayam, pake ayam goreng juga udah enak kok. Biasanya sambal goreng kentang ati ampela ini jadi sambal pelengkap menu lauk makan keluarga disaat hari raya.

Cara memasak sambal goreng ati ampela ayam ini sangat mudah, dan untuk bahan dan bumbunya juga pasti sudah tersedia didapur kita. Biar gak kelamaan, yuuk kita masak sambal goreng ati ampela ayamnya sekarang.

Resep sambal goreng kentang ati ampela

Bahan-bahan utama dan Bumbu yang digunakan untuk membuat Sambal Goreng Kentang Ati Ampela :
1. 1/2 kilo gram Kentang, dikupas dan potong bentuk dadu.
2. 5 pasang Ati dan Ampela Ayam.
3. 1 lembar Daun Jeruk.
4. 2 lembar Daun Salam.
5. 2 cm Lengkuas, digeprek.
6. 1 sendok makan Gula Merah.
7. 1 batang Serai, digeprek.
8. 2 sendok makan Air Asam Jawa.
9. 200 ml Santan Kelapa.
10. Minyak Goreng untuk menggoreng kentang, ati dan ampela ayam.

Bahan-bahan bumbu yang digunakan untuk membuat bumbu halus Sambal Goreng Kentang Ati Ampela :
1. 7 buah Cabai Merah.
2. 6 butir Bawang Merah.
3. 3 siung Bawang Putih.
4. 1 sendok teh Garam.
5. 1 cm Jahe.
6. 3 butir Kemiri.
7. 1 buah Tomat.
8. Minyak Goreng secukupnya untuk menumis bumbu halus sambal goreng kentang ati ampela.

Cara membuat Sambal Goreng Kentang Ati Ampela :
1. Siapkan wajan diatas kompor dan panaskan minyak goreng. Lalu goreng kentang sampai berwarna agak kekuningan dan kentang matang. Lalu angkat dan tiriskan.

2. Goreng juga ati dan ampela ayam sampai matang. Setelah ati dan ampela ayam matang, lalu angkat dan tiriskan. Sesudah itu, potong-potong ati dan ampela ayam bentuk dadu atau sesuai selera.

3. Panaskan lagi minyak goreng diatas kompor dengan api sedang untuk menumis bahan bumbu halus beserta daun jeruk, serai, daun salam dan lengkuas. Masak bahan bumbu hingga beraroma harum.

4. Setelah bumbu tumis harum, masukkan santan kedalam wajan tumisan bumbu. Lalu tambahkan air asam jawa dan gula merah kedalam wajan. Lalu aduk-aduk hingga bahan bumbu tercampur merata.

5. Jika santannya sudah mulai berkurang, maka masukkan ati dan ampela kedalam wajan. Lalu aduk-aduk hingga merata dan agar bumbu meresap.

6. Selanjutnya, masukkan kentang goreng kedalam wajan. Lalu aduk-aduk kembali agar tercampur rata, dan masak sampai kuah agak mengering dan sambal goreng ati ampela matang. Lalu angkat dan taruh sambal goreng ati ampela di piring saji.

7. Sambal goreng ati ampela sudah siap untuk dihidangkan sebagai sambal pelengkap lauk opor ayam atau lauk kesukaan Anda sebagai sambal pelengkap menu makan keluarga Anda.

Bagaimana! Cukup mudah kan, cara membuat resep sambal goreng kentang ati ampela ayamnya? Selamat mencoba memasak sambal goreng kentang ati ampela ayam dan selamat menikmati sambal goreng ati ampela ayam hasil masakan Anda.

Post a Comment for "Resep Sambal Goreng Kentang Ati Ampela"