Resep Ayam Crispy saus Asam Manis Pedas

Ayam Crispy saus Asam Manis : Salah satu masakan yang sering saya buat untuk lauk menu makan malam. Karena gampang bikinnya, cepet, enaaak dan segeeerrr saus asam manisnya... Apalagi kalo bikinnya pake tepung bumbu serbaguna, bikin makanan yang crispy-crispy jadi lebih praktis. Ayam crispy saus asam manis ini cocok untuk menu menu makan malam, apalagi kalo si krucil doyan banget sama ayam crispy ini.

Karena resep ayam crispy saus asam manis ini bikinnya sangat mudah, jadi kalo mau bikin dadakan juga gak ribet. Yang penting ada stok daging ayam di kulkas, sama tepung bumbu serba guna di dapur, dalam sekejap langsung jadi deh ayam crispynya. Kalo Anda seneng saus yang agak pedesan, bisa ditambah cabai rawitnya sesuai selera, langsung beres dah masakan Anda.

Cara membuat ayam crispy saus pedas

Bahan-bahan dan bumbu utama yang digunakan untuk membuat Ayam Crispy saus Asam Manis :
1. 300 gram Dada Ayam fillet, di iris tipis.
2. 1 sendok makan Air Jeruk Nipis.
3. 1 bungkus Tepung Bumbu Serbaguna Original.

Bahan bumbu yang digunakan untuk membuat adonan basah atau pencelup Ayam Crispy :
1. 3 sendok makan Tepung Bumbu Serbaguna Original.
2. 6 sendok makan Air Dingin.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk membuat Saus Asam Manis Pedas :
1. 100 gram Nanas, dipotong-potong.
2. 1 buah Paprika Hijau, dipotong memanjang.
3. 2 siung Bawang Putih, di cincang halus.
4. 1/2 buah Bawang Bombay, di iris tipis.
5. 1 buah Cabai Merah besar, dibuang bijinya, diiris tipis.
6. 8 sendok makan Saus Tomat.
7. 1 sendok teh Kecap inggris.
8. 1 batang Daun Bawang, di iris.
9. Gula Pasir secukupnya.
10. Garam secukupnya.
11. 150 ml Air.
12. 2 sendok makan Minyak Goreng untuk menumis.

Cara membuat Ayam Crispy saus Asam Manis Pedas :
1. Didalam wadah, lumuri daging ayam fillet dengan perasaan air jeruk nipis. Lalu diamkan daging ayam fillet selama 10 menit.

2. Siapkan wadah untuk membuat adonan basah atau bahan pencelup ayam crispy. Lalu campur dan aduk-aduk merata bahan pencelup tepung bumbu serbaguna dan air dingin didalam wadah.

3. Lalu celupkan daging ayam fillet kedalam adonan basah atau adonan pencelup. Lalu angkat dan gulingkan ayam fillet di atas tepung bumbu serbaguna, sambil sedikit ditekan-tekan dan diremas-remas, agar tepung dapat menempel sempurna pada daging ayam fillet.

4. Selanjutnya, goreng ayam tepung kedalam minyak panas di atas api sedang. Goreng ayam tepung hingga warnanya menjadi kuning keemasan dan ayam crispy matang. Lalu angkat ayam crispy dan tiriskan.

5. Siapkan wajan kembali dan panaskan minyak goreng diatas kompor. Lalu masukkan bawang putih, bawang bombay dan cabai merah kedalam wajan. Lalu aduk-aduk dan masak bahan bumbu sampai beraroma harum.

6. Setelah bumbu beraroma harum, masukkan saus tomat, kecap inggris, gula pasir dan garam kedalam wajan. Lalu aduk-aduk sampai tercampur merata.

7. Setelah itu, masukkan air kedalam wajan. Lalu masak sampai mendidih. Sesudah itu, tambahkan nanas dan paprika kedalam wajan. Lalu aduk-aduk kembali, lalu masak nanas dan paprika sampai setengah matang dan saus meletup-letup. Lalu angkat saus asam manis, dan siramkan saus di atas ayam crispy.

8. Ayam crispy saus asam manis sudah siap untuk disantap bersama nasi hangat dan tambahan sayur kesukaan untuk menjadi menu makan keluarga Anda tercinta.

Bagaimana! Cukup mudah kan, cara membuat ayam crispy saus asam manis pedasnya? Selamat mencoba memasak resep ayam crispy saus asam manis dan selamat menikmati ayam crispy saus asam manis hasil masakan Anda yang disukai keluarga Anda.

Post a Comment for "Resep Ayam Crispy saus Asam Manis Pedas"