Resep Tom Yam Udang Galah Pedas

Tom Yam Udang : Menu Tom yam ini cocok banget lho untuk menu makan siang, apalagi cuaca sekarang ini sering hujan dan dingin. Pas lah yaa, makan yang anget-anget seger, plus ada pedes-pedesnya gini. Tapi ini bikinnya sengaja enggak terlalu pedes, karena anak-anak juga kepingin ikut makan, jadi saya tambahin aja cabai rawit utuhnya terpisah. Kalo teman-teman pengen resep tom yam udang yang pedes, Anda tinggal tambahin aja cabai rawitnya sesuai selera kalian.

Untuk resep tom yam udang yang saya buat ini untuk bahan bumbunya, saya pakai cabai bubuk yang terbuat dari cabai asli, jadi gak terlalu pedes. Tapi jika Anda doyan sama tom yam udang pedes, Anda bis menambahkan cabai bubuknya sesuai selera Anda. Selain itu, untuk bahan bumbu tom yam udang di resep ini ada juga cabai yang gilingan halus dan ada juga cabe giling kasarnyna.

Resep tom yam udang seafood

Bahan-bahan dan bumbu utama yang digunakan untuk memasak Tom Yam Udang Galah :
1. 500 gram Udang Galah.
2. 200 gram Mie Kering, direbus, lalu tiriskan.
3. 150 gram Jamur Kancing, dibelah menjadi 2.
4. 3 batang Serai, diambil putihnya.
5. 5 lembar Daun Jeruk, dibuang tulang daunnya.
6. 2 cm Lengkuas, diiris.
7. 10 buah Cabai Rawit Merah utuh atau sesuai selera.
8. 3 sendok makan Kecap Ikan.
9. 1/4 sendok teh Merica Bubuk.
10. 1 sendok teh Cabai Bubuk atau sesuai selera.
11. 2 sendok teh Gula Pasir.
12. 2 sendok teh Garam.
13. 5 tangkai Daun Ketumbar, dipetiki.
14. 2-3 sendok makan Air Jeruk Nipis.
15. 1,5 liter Air Kaldu Udang dari air rebusan kepala udang yang disaring.

Bahan bumbu yang digunakan untuk bumbu halus Tom Yam Udang Galah :
1. 5 siung Bawang Putih.
2. 5 buah Cabai Merah.
3. 5 buah Cabai Rawit atau Cabai Bubuk, atau pedas sesuai selera.
4. 1 sendok makan Ebi.
5. 3 sendok makan Minyak Goreng.

Cara membuat Tom Yam Udang Galah Pedas :
1. Bersihkan dan pisahkan kepala udang (jangan dibuang). Lalu belah punggung udang, setelah itu cuci sampai bersih udang. Lalu lumuri udang dengan 1/2 sendok makan air jeruk nipis. Lalu diamkan udang selama 15 menit.

2. Siapkan panci diatas kompor, lalu rebus 1,5 liter air dan kepala udang sampai mendidih dan menjadi kari udang. Lalu matikan api kompor, dan saring air kaldu udang. Setelah selesai sisihkan.

3. Selanjutnya membuat bumbu tom yam udang: Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng diatas kompor. Lalu goreng bawang putih, cabai merah, cabai rawit dan ebi dicampur menjadi satu dalam wajan. Masak bahan bumbu sampai beraroma harum. Lalu angkat bumbu dan blender dengan minyaknya.

4. Rebus kembali kaldu udang yang sudah disaring tadi, bersama dengan bumbu halus tom yam, beserta serai, daun jeruk dan lengkuas kedalam wajan kaldu udang. Rebus bumbu kaldu sampai mendidih dan beraroma harum.

5. Setelah air bumbu kaldu mendidih, tambahkan udang, jamur kancing, cabai rawit merah, kecap ikan, merica bubuk, cabai bubuk, gula pasir dan garam kedalam panci air kaldu udang. Lalu aduk merata dan masak kembali sampai air kaldu udang mendidih.

6. Cicipi Rasanya, agar rasa bisa pas dengan selera Anda. Lalu tambahkan air jeruk nipis kedalam wajan kaldu udang. Lalu aduk-aduk sebentar, dan angkat tom yam udang. Dan sajikan tomyam dengan mie dan taburan daun ketumbar.

7. Tom yam udang sudah siap untuk dinikmati dengan nasi hangat dan kerupuk kesukaan sebagai lauk untuk makan Anda bersama keluarga tercinta Anda.

Giman! Cukup mudah kan, cara membuat tom yam udangnya? Selamat mencoba membuat resep tom yam udang dan selamat menikmati tom yam udang hasil masakan Anda yang disukai keluarga Anda dirumah.

Post a Comment for "Resep Tom Yam Udang Galah Pedas"