Resep Sambal Terong Ikan Teri Pedas

Sambal Terong Ikan Teri : Dari kemaren masak yang berkuah terus requesnya si Kaka. Nah, untuk hari ini time to my favorit sambal, terong hijau ikan teri dicabein yang pedeeess nikmaaatt. Bikinnya cuma seuprit, soalnya yang makan juga paling cuma saya doang. Kalo si ayah paling ndulit ikan terinya aja dikit. Karena kurang suka sama sambal terong hijaunya.

Cara bikin sambal terong teri ini cukup praktis, dan untuk bahan dan bumbunya juga simple banget. Karena semua bahan bumbu sudah tersedia semua didapur, tinggal tambahin terong hijau aja yang ditanem dikebun belakang rumah. Apapun menu lauknya, kalo dimakan pake sambal terong teri, pasti rasa menu makan kita terasa jadi tambah gurih-gurih enak...heheehe.

Resep sambal terong ikan teri

Bahan-bahan dan bumbu utama yang digunakan untuk membuat Sambal Terong Ikan Teri Pedas :
1. 100 gram Ikan Teri Asin, digoreng matang.
2. 10 buah Terong Hijau, dipotong 4.
3. 1 ruas jari Lengkuas, di geprek.
4. 1 lembar Daun Salam.
5. Gula pasir secukupnya.
6. Garam secukupnya.

Bahan bumbu yang digunakan untuk membuat Sambal Terong Ikan Teri Pedas :
1. 10 - 15 buah Cabai Rawit merah, atau sesuai selera.
2. 2 buah Cabai Merah Besar.
3. 5 buah Bawang Merah.
4. 2 siung Bawang Putih.
5. Minyak Goreng secukupnya untuk menumis bumbu.

Cara membuat Sambal Terong Ikan Teri Pedas :
1. Ulek kasar semua bahan bumbu sambal. Lalu tumis bahan bumbu sambal, beserta dengan lengkuas dan daun salam didalam wajan. Masak bahan bumbu hingga aromanya menjadi harum.

2. Setelah bumbu menjadi harum, maaukkan gula pasir dan garam secukupnya kedalam wajan. Apabila ikan teri sudah asin (skip) penambahan garam.

3. Sesudah itu, masukkan terong kedalam wajan. Lalu aduk-aduk, dan masak hingga terong menjadi layu dan menjadi setengah matang. Lalu Test rasa. Sesudah rasa pas, lalu angkat sambal terong.

4. Biarkan uap panas sambal terongnya hilang dahulu, lalu baru dimasukan ikan teri gorengnya kedalam wajan sambal terong, lalu aduk-aduk merata. Apabila ikan teri dimasukkan kedalam sambal terong pada saat bumbu masih panas, nanti ikan teri jadi tidak renyah dan menjadi alot.

5. Sambal terong ikan teri sudah siap untuk dijadikan sambal tambahan lauk menu makan Anda.

Bagaimana! Tidak sulit kan, cara membuat sambal terong teri pedasnya? Selamat mencoba memasak resep sambal terong ikan teri dan selamat menikmati sambal terong ikan teri pedas hasil masakan Anda.

Post a Comment for "Resep Sambal Terong Ikan Teri Pedas"