Resep Ayam Goreng Kremes + Sambal ala mBok Berek

Ayam Goreng Kremes : Ada sisa daging ayam kampung di kulkas, baru sempet sekarang dimasak. Ngebet kepengen masak ayam goreng kremes ala mbok berek. Yang bikin enak dan gurih dari resep ayam kremes ini adalah daging ayamnya yang lunak dan gurih, apalagi ada tambahan bumbu kremesnya yang bikin ayam goreng ini tambah gurih kremes kalo dimakan.

Selain karena faktor daging ayam gorengnya yang kremes, tapi juga rasa sambalnya yang rasa dan pedasnya pas dengan selera saya. Resep ayam goreng kremes ini sangat cocok dijadikan menu untuk makan sehari-hari, karena rasanya yang enak dan gurih inilah yang bikin gak pernah bosen untuk masak ayam goreng kremes ini.
Resep ayam goreng kremesnya saya share disini ya, biar teman-teman disini bisa masak resep ayam goreng kremes sendiri dirumah masing-masing.

Resep ayam goreng kremes mbok berek

Bahan-bahan dan bumbu utama yang digunakan untuk membuat Ayam Goreng Kremes :
1. 1 ekor Ayam Kampung yang masih muda.
2. 1 liter Santan dari 1/2 butir kelapa parut.
3. 2 lembar Daun Salam.
4. 2 tangkai Serai, di memarkan.

Bahan bumbu yang digunakan untuk membuat bumbu halus Ayam Goreng Kremes :
1. 6 siung Bawang Putih.
2. 5 butir Bawang Merah.
3. 4 butir Kemiri.
4. 1/2 sendok makan Ketumbar.
5. 2 ruas jari Kunyit.
6. 1 sendok teh Kaldu Bubuk rasa ayam.
7. 1 sendok teh Gula Pasir.
8. 1 sendok teh Garam.

Bahan yang digunakan untuk membuat Kremesan :
1. 350 ml Air rebusan ayam.
2. 3 sendok makan Tepung Beras.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Sambal Ayam Goreng Kremes :
1. 5 butir Bawang Merah.
2. 8 buah Cabai Merah atau sesuai selera.
3. 4 buah Cabai Rawit Merah atau sesuai selera.
4. 1 sendok teh Terasi.
5. 1 buah Tomat.
6. 1 sendok teh Gula Merah, disisir halus.
7. Garam secukupnya.

Cara membuat Ayam Goreng Kremes :
1. Cuci sampai bersih dahulu daging ayam yang sudah dipotong sesuai selera. Lalu rebus daging ayam bersama dengan santan dan semua bahan bumbu halus dan semua bahan bumbu. Rebus daging ayam dengan cara di ungkep dengan api kecil sampai daging ayam empuk dan matang.

2. Setelah daging ayam matang, lalu angkat daging ayam dan sisakan air bumbu sisa rebusan daging ayamnya, kira-kira sebanyak 350 ml untuk dibuat bahan kremesan.

3. Setelah itu, saring sisa air rebusan ayam tadi kedalam wadah dan ukur kira-kira sebanyak 350 ml. Sesudah itu, lalu tambahkan tepung beras kedalam air sisa rebusan daging ayam tadi. Lalu aduk-aduk sampai tercampur merata.

4. Sesudah itu, celupkan daging ayam kedalam adonan kremesan. Lalu goreng daging ayam dalam minyak goreng yang bayak dan panas. Goreng daging ayam hingga warna daging ayam berwarna kuning kemasan dan matang. Lalu angkat dan sisihkan.

5. Selanjutnya, goreng sisa adonan kremesan kedalam wajan bekas menggoreng daging ayam tadi (adonan kremesan memang cair yaa..).

6. Cara menggorengnya: Tuang adonan kremesan kedalam minyak panas secukupnya, dengan sendok sayur dengan jarak agak tinggi dari wajan. Gunakan api kecil pada saat menggoreng bahan kremesan, dan jangan diaduk. Biarkan kremesan digoreng menjadi setengah kering. Baru aduk dan kumpulkan kremesannya, lalu goreng kremesan hingga kering. Lalu angkat dan tiriskan. Lakukan cara tadi hingga adonan kremesan habis digoreng, biar gak mubazir.

7. Setelah bahan kremes selesai digoreng, remas-remas kremes agar terbentuk butiran-butiran kecil kremesan. Lalu taburkan bahan kremesan di atas ayam goreng dan hidangkan ayam goreng kremes dengan sambal dan lalapan kesukaan Anda.

8. Cara membuat sambal ayam goreng kremes: Goreng semua bahan sambal hingga layu, kecuali gula merah dan garam. Lalu ulek bahan sambal setengah halus, dan tambahkan gula merah dan garam. Koreksi Rasa, dan sajikan. Bisa juga sambal digoreng lagi sampai matang (saya skip tahap ini).

9. Ayam goreng kremes siap untuk disantap bersama sambal dan lalapan kesukaan untuk menjadi menu makan keluarga tercinta Anda.

Gimana! Tidak sulit kan, cara membuat ayam goreng kremesnya? Selamat mencoba membuat resep ayam goreng kremes dan selamat menikmati ayam goreng kremes hasil masakan Anda. Semoga keluarga Anda semua suka dengan masakan Anda.

Post a Comment for "Resep Ayam Goreng Kremes + Sambal ala mBok Berek"