Resep Gulai Ikan Patin Bumbu Kuning

Gulai Ikan Patin Bumbu Kuning : Dapet ikan patin yang masih segerr dari bibi sayur, rencana mau dimasak pakai resep gulai ikan patin bumbu kuning. Biar gak bosen karena keseringan makan ikan patin, jadi ikan patinnya kuda divariasi masaknya, jangan cuma digoreng atau dibakar dan dikasih bumbu aja. Trus cara ngolah ikannya juga, setelah ikan patin dicuci, kudu dikucuri dengan air jeruk nipis dan garam, biar bau amisnya hilang. Dan cara membuat gulai ikan patin bumbu kuning ini kalo menurutku sih simple banget, dan bahan bumbu yang digunakan untuk membuat gulai ikan patin bumbu kuning ini semuanya bahan bumbunya sudah tersedia didapur semua, jadi tinggal action aja yuk, cara membuat gulai ikan patin bumbu kuningnya didapur....masing-masing.

Resep ikan patin bumbu kuning

Bahan-bahan dan bumbu utama yang digunakan untuk membuat Gulai Ikan Patin Bumbu Kuning :
1. 1/2 kilo gram Ikan Patin.
2. 2 siung Bawang Putih.
3. 4 butir Bawang Merah.
4. 1 buah Cabai Merah.
5. 1 buah Tomat.
6. 1 lembar Daun Salam.
7. 1 batang Serai.
8. 1/2 sendok teh Lengkuas bubuk.
9. 1 sendok teh Kunyit bubuk.
10. 200 ml Santan Kelapa.
11. 1 sendok teh Ketumbar.
12. Garam secukupnya.
13. Gula Pasir secukupnya.
14. 1/2 sendok teh Kaldu Ayam bubuk.
15. Minyak untuk menggoreng.
16. 2 buah Jeruk Nipis untuk bahan marinasi.

Cara membuat Gulai Ikan Patin Bumbu Kuning :
1. Bersihkan sisik, insang dan jeroan ikan patin. Lalu cuci sampai bersih ikan patin. Sesudah itu, marinasi ikan patin dengan air perasan jeruk nipis dan garam. Lalu tunggu sampai bumbu meresap sekitar selama 15 menit.

2. Siapkan ulekan, lalu haluskan bawang putih, bawang merah dan ketumbar sampai halus. Lalu sisihkan.

3. Setelah ikan patin di marinasi dan bumbu meresap, siapkan wajan diatas kompor. Lalu panaskan minyak goreng secukupnya. Lalu goreng ikan patin sampai setengah matang, lalu angkat dan tiriskan.

4. Siapkan wajan untuk menumis bumbu dan panaskan minyak goreng secukupnya. Lalu tumis bahan bumbu yang sudah di haluskan tadi sampai beraroma harum.

5. Setelah bumbu tumis harum, masukkan santan, dan semua bahan bumbu yang tersisa lainya kedalam wajan (kecuali tomat). Lalu aduk-aduk sampai merata, jangan lupa di cicipin, agar rasa bisa pas sesuai selera.

6. Terakhir, masukkan ikan patin dan tomat kedalam wajan. Lalu aduk perlahan, tapi jangan sering-sering di aduk-aduk ya, biar ikan patin gak hancur. Masak ikan patin sampai kuah bumbu agak surut atau kuah menjadi kental dan gulai ikan patin matang. Lalu angkat dan sajikan gulai ikan patin dipiring saji.

7. Gulai ikan patin bumbu kuning sudah siap untuk disantap bersama nasi hangat dan tambahan sayur Tumis Bayam Saus Tiram sebagai sayur kesukaan dan sebagai pelengkap menu makan Anda.

Bagaiman! Cukup mudah kan, cara membuat gulai ikan patin bumbu kuningnya? Selamat mencoba memasak resep gulai ikan patin bumbu kuning dan selamat menikmati gulai ikan patin bumbu kuning hasil masakan Anda.

Post a Comment for "Resep Gulai Ikan Patin Bumbu Kuning"