Resep Ikan Bawal Goreng Bumbu Kuning

Ikan Bawal Goreng Bumbu Kuning : Hai, pecinta masakan ikan, hari ini saya akan berbagi resep ikan bawal goreng bumbu kuning. Resep olahan masakan ikan ini selain ikan bawalnya digoreng, namun diberi kuah bumbu kuning yang akan menambah semakin lezat ikan bawal gorengnya. Ikan bawal goreng dengan campuran bumbu rempah khas masakan indonesia ini akan semakin lezat dinikmati untuk menu makan harian Anda agar tidak bosan mengkonsumsi ikan untuk menu makan Anda.

Ikan bawal merupakan jenis ikan air tawar yang mudah didapat dipasar-pasar sekitar kita. Untuk mengolah ikan bawal agar tidak bau amis ini sangat mudah, cukup dikucuri dengan air jeruk lemon atau jeruk nipis, dan diberi taburan sedikit garam akan menghilangkan bau amis yang melekat pada ikan bawal ini akan hilang dalam sekejap. Jadi, sudah siapkah Anda untuk memasak resep ikan bawal goreng bumbu kuning ini?

Resep ikan bawal goreng bumbu kuning

Bahan dan bumbu utama yang digunakan untuk membuat Ikan Bawal Goreng Bumbu Kuning :
1. 2 ekor Ikan Bawal.
2. 1 buah Jeruk Lemon, diambil airnya.
3. Garam secukupnya.
4. 6 buah Cabai Rawit utuh.
5. 2 lembar Daun Salam.
6. 2 lembar Daun Jeruk.
7. 1 batang Serai, di memarkan.
8. 1 buah Kentang, dipotong-potong.
9. Segenggam Daun Kemangi.
10. Minyak Goreng secukupnya.

Bahan bumbu yang dihaluskan untuk membuat Bumbu Kuning Ikan Bawal Goreng :
1. 7 buah Bawang Merah.
2. 3 siung Bawang Putih.
3. 3 buah Kemiri.
4. 1 ruas jari Kunyit.
5. 2 cm Jahe.
6. 1 sendok teh Gula Pasir.
7. 1 sendok teh Garam.

Cara membuat Ikan Bawal Goreng Bumbu Kuning :
1. Bersihkan ikan bawal mulai dari sisik, insang dan jeroan ikan, lalu cuci sampai bersih ikan bawal. Setelah ikan dicuci, iris-iris serong badan ikan bawal. Lalu lumuri ikan bawal dengan campuran air jeruk lemon dan taburan sedikit garam. Lalu diamkan ikan bawal sekitar selama 20 menit.

2. Setelah 20 menit, goreng ikan bawal diatas kompor dengan minyak goreng yang sudah panas sampai ikan bawal kering dan matang. Lalu angkat dan tiriskan.

3. Siapkan wajan untuk menumis bumbu dan panaskan minyak goreng secukupnya. Lalu tumis bahan bumbu halus beserta dengan cabai rawit, daun salam, daun jeruk, dan serai sampai beraroma harum atau bumbu tumis matang.

4. Setelah bumbu tumis matang, tuangkan air secukupnya kedalam wajan tumisan bumbu. Lalu aduk-aduk bumbu samapai merata. Lalu Koreksi Rasa. Lalu masukkan kentang dan masak sampai kuah bumbu ikan bawal goreng mendidih.

5. Setelah kuah bumbu mendidih, masukkan ikan bawal yang sudah digoreng tadi kedalam wajan kuah bumbu. Lalu aduk-aduk kembali sampai merata. Lalu masukkan daun kemangi kedalam wajan, lalu aduk-aduk merata, masak sampai daun kemangi layu. Lalu angkat dan ikan bawal goreng bumbu kuning siap dihidangkan.

6. Ikan bawal goreng bumbu kuning sudah siap untuk disantap sebagai menu lauk makan siang, ditambah dengan Sambal Kentang Goreng Ati Ampela atau dengan Sambal Cabe ijo Padang sebagai sambal pelengkap menu makan enak keluarga Anda.

Gimana! Cukup mudah kan, cara membuat ikan bawal goreng bumbu kuningnya? Selamat mencoba memasak resep ikan bawal goreng bumbu kuning dan selamat menikmati ikan bawal goreng bumbu kuning hasil masakan Anda yang disukai keluarga Anda.

Post a Comment for "Resep Ikan Bawal Goreng Bumbu Kuning"