Resep Ikan Kakap Asam Manis Nanas Pedas

Ikan Kakap Asam Manis Pedas : Resep masakan yang terbuat dari bahan olahan ikan kakap ini sepertinya akan menjadi masakan penawar rasa mblenger, karena kebanyakan menyantap masakan berlemak saat lebaran kemarin... hihihi... Ikan kakap asam manis pedas ini segeeer bangett.. Sedap, gurih, asam, manis dan agak pedess.. Dan untuk resepnya, akan saya share disini ya.. Tapi untuk resep ikan kakap asam manis pedas ini, untuk rasa asam manis dan pedasnya bisa disesuaikan dengan selera rasa masing-masing ya... Trus, untuk ikan kakapnya juga bisa pake ikan kakap merah atau ikan kakap putih. Semuanya tergantung kembali kepada selera masing-masing, yang penting mari kita mulai masak ikan kakap asam manis pedasnya didapur Anda masing-masing.

Resep ikan kakap asam manis pedas

Bahan-bahan utama yang digunakan untuk membuat Ikan Kakap Asam Manis Pedas :
1. 700 gram Ikan Kakap Putih.
2. 1 sendok makan Air Jeruk Nipis.
3. Bubuk Merica secukupnya.
4. Garam secukupnya.
5. 1/2 buah Nanas, dikupas, lalu dipotong-potong.
6. 500 ml Air Panas.

Bahan bumbu yang digunakan untuk membuat bumbu halus Ikan Kakap Asam Manis Pedas :
1. 12 butir Bawang Merah.
2. 5 butir Bawang Putih.
3. 7 buah Cabai Merah keriting, dibuang bijinya.
4. 4 cm Jahe.
5. 1/2 sendok teh Lada bubuk.
6. 1 batang Sereh, diambil bagian putihnya.
7. 2 sendok teh Garam.
8. 1 sendok makan Gula Pasir.
9. Bubuk Kaldu Ayam jika Suka.
10. Minyak Goreng secukupnya.

Bahan bumbu cemplung Ikan Kakap Asam Manis Pedas :
1. Sejempol Lengkuas, di geprek.
2. 4 lembar Daun Jeruk.
3. 1 batang Sereh, di geprek.
4. 8 buah Cabe Rawit utuh (optional).
5. 6 batang Kemangi, di ambil daun bagian atasnya.

Cara membuat Ikan Kakap Asam Manis Pedas :
1. Bersihkan dahulu bagian sisik, jeroan dan insang ikan kakap. Lalu potong-potong ikan kakap sesuai selera, lalu cuci sampai bersih ikan kakap. Sesudah itu, bumbui ikan kakap dengan air jeruk nipis, bubuk merica dan garam secukupnya. Lalu diamkan ikan kakao selama 15 menit.

2. Siapkan wajan untuk menumis bumbu dan panaskan minyak goreng secukupnya. Lalu tumis bahan bumbu halus beserta dengan lengkuas, daun jeruk dan sereh. Lalu aduk-aduk sampai merata dan masak bumbu sampai bumbu beraroma wangi dan bumbu matang.

3. Setelah bumbu tumis wangi, masukkan air panas kedalam wajan. Lalu masak dan tunggu sampai air bumbu mendidih.

4. Setelah bumbu mendidih, masukkan ikan kakap kedalam wajan, (ingat....bumbu rendaman ikan kakapnya jangan dimasukkan ya!). Lalu aduk-aduk merata.

5. Setelah itu, masukkan potongan nanas dan cabai rawit utuh kedalam wajan. Lalu aduk-aduk kembali dan masak hingga ikan kakap matang.

6. Setelah ikan kakap matang, masukkan perasan jeruk nipis dan kemangi kedalam wajan. Lalu aduk-aduk sebentar, lalu angkat dan hidangkan ikan kakap asam manis pedas di piring saji.

7. Ikan kakap asam manis pedas segerrr sudah siap untuk disantap sebagai menu lauk makan siang Anda bersama keluarga Anda.

Gimana! Cukup mudah kan, cara membuat ikan kakap asam pedas manisnya? Selamat mencoba memasak resep ikan kakap asam manis pedas dan selamat menikmati ikan kakap asam manis pedas segerrr hasil masakan Anda.

Post a Comment for "Resep Ikan Kakap Asam Manis Nanas Pedas"