Resep Pepes Cumi Bakar yang Enak

Pepes Cumi Bakar : Pagi ini masak pepes cumi bakar, requestnya anak-anak untuk makan siang ini. Sedikit tipa biar pepes cumi bakarnya enak, trus biar cuminya kesat, habis cumi dicuci bersih, saya panggang dulu cuminya diatas teflon sebentar biar cuminya gak berair. Kalo menurut saya sih ini pepes cumi bakar paling enak, karena yang namanya pepes cumi bakar itu kalau pepea cuminya sudah dikukus terlebih dahulu, walaupun cuminya masih berair, tapi bumbunya jadi lebih meresap. Saya kurang suka kalo masak pepes cumi prosesnya langsung dibakar, karena bumbunya lebih kering. Proses ini kembali ke masalah selera masing-masing aja ya...bun! Bagi Anda yang kepengen bikin resep pepes cumi bakar ala saya ya, ini resep dan cara membuat pepes cumi bakarnya seperti yang saya tulis dibawah ini.

Resep pepes cumi bakar

Bahan-bahan dan bumbu utama yang digunakan untuk membuat Pepes Cumi Bakar :
1. 5 buah Cumi Sero.
2. 2 batang Serai, di ambil putihnya, lalu di geprek.
3. 1 ruas jari Lengkuas, di geprek.
4. 3 lembar Daun Salam.
5. 1 ikat Daun Kemangi.
6. 5 buah Jeruk Nipis, diambil airnya.
7. Daun Pisang secukupnya.

Bahan bumbu yang digunakan untuk membuat bumbu halus Pepes Cumi Bakar :
1. 10 butir Bawang Merah.
2. 5 siung Bawang Putih.
3. 3 buah Cabai Merah.
4. 10 buah Cabai keriting, atau sesuai selera.
5. 7 buah Cabai Rawit.
6. 3 butir Kemiri.
7. 1 sendok teh Ketumbar.
8. 1 ruas jari Kunyit.
9. Gula Pasir sesuai selera.
10. Garam sesuai selera.
11. Minyak Goreng secukupnya.

Cara membuat Pepes Cumi Bakar :
1. Langkah pertama, buang tinta cumi, lalu cuci sampai bersih cumi. Sesudah itu, lumuri cumi dengan perasan air jeruk nipis. Lalu biarkan cumi selama 15 menit, lalu cuci bersih lagi dan selesai.

2. Setelah cumi dibilas air, panggang cumi diatas teflon. Panggang cumi sampai daging cumi tidak berair lagi atau kesat. Lalu angkat cumi dan tiriskan.

3. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng secukupnya. Lalu tumis bahan bumbu yang sudah dihaluskan sambil diaduk-aduk, tumis bumbu sampai beraroma harum.

4. Setelah bumbu tumis harum, lalu masukkan lengkuas, daun salam dan serai kedalam wajan tumisan bumbu. Lalu aduk-aduk sampai tercampur merata, lalu masukkan gula pasir dan garam secukupnya kedalam wajan. Lalu aduk-aduk kembali sampai semua bahan bumbu tercampur merata, lalu matikan api.

5. Selanjutnya, ambil daun pisang sebanyak 2 lembar, lalu ditumpuk jadi satu. Lalu beri bumbu diatas daun pisang, kemudian susun cumi diatasnya, lalu beri bumbu lagi diatas cumi. Lalu letakkan daun kemangi diatasnya, lalu tutup rapat daun pisang, atau bungkus, lalu semat kedua ujung daun pisang dengan lidi. Lakukan cara tadi sampai selesai.

6. Sesudah itu, kukus pepes cumi sampai matang. Lalu setelah pepes cumi matang, lalu angkat pepes cumi dan biarkan pepes cumi menjadi dingin terlebih dahulu.

7. Baru setelah pepes cumi dingin, bakar pepes cumi sebentar, agar bumbu pepes cumi bakar menjadi lebih meresap dan juga untuk mengurangi kadar air di cumi. Karena cumi kena air kukusan. Setelah pepes cumi bakar matang, lalu angkat dan sajikan pepes cumi ditempat saji dan selamat menikmati.

Bagaimana! Cukup mudah kan cara membuat pepes cumi bakarnya? Selamat mencoba membuat pepes cumi bakar dan selamat menikmati pepes cumi bakar hasil buatan Anda dari resep pepes cumi bakar yang dishare di web Belajar Memasak.

Post a Comment for "Resep Pepes Cumi Bakar yang Enak"