Resep Rawon Daging Sapi Spesial Enak

Rawon Daging Sapi : Hai, untuk hari ini saya akan berbagi resep masakan olahan dari daging sapi, yang diberi nama resep rawon daging sapi. Resep masakan yang berasal dari daerah jawa timur ini rasanya cukup lezat dan sangat cocok di lidah saya sepertinya. Karena masakan rawon daging sapi ini sedikit berkuah, jadi sangat pas bagi Anda yang hobi dengan masakan berkuah, namun tidak menggunakan santan kelapa untuk campuran kuah dan bahan bumbunya. Resep masakan berempah yang khas indonesia banget ini juga cara membuatnya cukup mudah, meskipun cukup banyak menggunakan bahan bumbu rembah dan bahan pelengkapnya. Bagi Anda yang sudah gak sabar kepengen cepet-cepet makan rawon, yuk langsung dipraktekin saja resep rawon daging sapi nya didapur Anda.

Resep rawon daging sapi

Bahan-bahan dan bumbu utama yang digunakan untuk membuat Rawon Daging Sapi Spesial Enak :
1. 500 gram Daging Sapi (saya pure daging, silahkan pakai daging rawonan atau tulang sapi bagi yang suka, biar rawon daging tambah sedap).
2. 500 ml Kaldu Daging (hasil dari air rebusan atau presto daging).
3. 1 liter Air bersih.
4.  2 batang Serai, di geprek.
5. 3 cm Lengkuas, di geprek.
6. 3 cm Jahe, di geprek.
7. 5 lembar Daun Salam.
8. 5 lembar Daun Jeruk.
9. 1/2 sendok makan Asam Jawa.

Bahan bumbu yang digunakan untuk membuat bumbu halus Rawon Daging Sapi :
1. 7 buah Kluwak (pilih yang sudah tua dan tidak pahit.
2.  7 buah Cabai Merah keriting.
3. 8 butir Bawang Merah.
4. 4 siung Bawang Putih.
5. 2 buah Kemiri.
6. 4 cm Kunyit.
7. 1 sendok teh Ketumbar.
8. Garam secukupnya.
9. Kaldu Sapi bubuk secukupnya.
10. 5 sendok makan Minyak Goreng.

Bahan-bahan yang digunakan untuk bahan pelengkap Rawon Daging Sapi :
1. Daun Bawang, dipotong-potong.
2. Telur Asin.
3. Toge Muda.
4. Jeruk Nipis.
5. Tomat.
6.  Sambal Cabai Rawit.
7. Bawang Merah Goreng.

Cara membuat Rawon Daging Sapi Spesial Enak :
1. Potong-potong dahulu daging sapi, ukuran bisa sesuai selera. Lalu cuci sampai bersih daging sapi. Sesudah itu, presto atau rebus daging sapi selama 30 menit, atau rebus daging sapi hingga empuk. Lalu angkat daging sapi dan untuk air sisa rebusan daging sapi 'Jangan Dibuang'.

2. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng secukupnya. Lalu tumis bahan bumbu yang sudah dihaluskan sampai beraroma harum.

3. Setelah bumbu tumis harum, lalu masukkan bahan dan bumbu rawon kedalam wajan. Seperti daging sapi, daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas dan asam jawa. Lalu aduk-aduk sampai tercampur merata dan masak rawon daging sapi hingga bumbu rawon menyatu dengan daging sapi. Lalu matikan api kompor.

4. Selanjutnya, angkat dan masukkan rawon daging sapi kedalam panci bekas air rebusan daging sapi yang sudah disimpan tadi. Lalu masak rawon daging sapi hingga air kuah kari daging sapi mendidih dan kuah rawon daging sapi menyusut. Lalu angkat dan sajikan rawon daging sapi dengan bahan pelengkap lainnya.

5. Rawon daging sapi spesial enak sudah siap untuk disantap sebagai lauk untuk menu makan Anda bersama keluarga tercinta Anda.

Bagaimana! Cukup mudah kan, cara membuat rawon daging sapinya? Selamat mencoba memasak resep rawon daging sapi dan selamat menikmati rawon daging sapi hasil masakan Anda. Semoga resep rawon daging sapi ini bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang Belajar Memasak.

Post a Comment for "Resep Rawon Daging Sapi Spesial Enak"