Resep Gulai Ayam Tanpa Santan Padang

Gulai Ayam Tanpa Santan : Hari ini bikin salah satu masakan padang favorit saya. Gulai ayam tanpa santan, untuk nama resep masakan ini nama aslinya hidangan ini namanya gulai itik lado mudo. Gak ada itik atau bebek, pakai ayam juga bisa.  Menu ini selalu jadi menu andalan setiap bulan ramadhan, bahkan pada saat hari raya idul fitri. Sebenarnya banyak versi resep gulai ayam ini, tapi saya selalu pakai resep mama yang dari dulu sampai sekarang pakai resep gulai ayam tanpa santan yang paling enak menurut kalau saya..(ya iya laaah..masakan mama kita sendiri selalu paling enak yaa? heheehe...). Selamat mencoba memasak resep gulai ayam tanpa santan didapur masing-masing ya teman-teman.

Resep gulai ayam tanpa santan

Bahan-bahan dan bumbu utama yang digunakan untuk membuat Gulai Ayam Tanpa Santan :
1. 700 gram Daging Ayam atau Bebek.
2. 300 gram Kentang, dipotong-potong (optional, sesuai selera aja, mau pakai kentang atau tidak).
3. 1 ruas jari besar Lengkuas, di geprek.
4. 2 lembar Daun Salam.
5. 3 lembar Daun Jeruk.
6. 1 lembar Daun Kunyit.
7. 2 batang Sereh.
8. 3 buah Asam Kandis.
9. Garam secukupnya.
10. 1 liter Air.
11. 1 buah Jeruk Nipis, diambil airnya.

Bahan bumbu yang digunakan untuk membuat bumbu halus Gulai Ayam Tanpa Santan :
1. 15 buah Cabe Hijau (atau sesuai selera).
2. 1 buah Tomat Hijau.
3. 10 butir Bawang Merah.
4. 5 siung Bawang Putih.
5. 1 ruas jari Jahe.
6. 2 cm Kunyit.
7. 5 buah Kemiri.
8. 1 sendok makan Ketumbar bubuk.
9. Minyak Goreng secukupnya.

Cara membuat Gulai Ayam Tanpa Santan :
1. Potong-potong daging ayam, ukuran sesuai selera. Lalu cuci sampai bersih daging ayam. Sesudah itu, potongan daging ayam diberi perasan perasan air jeruk nipis. Lalu diamkan selama 10 menit dan sisihkan.

2. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng secukupnya. Lalu tumis bahan bumbu yang sudah dihaluskan beserta lengkuas, daun salam, daun jeruk, daun kunyit, sereh dan asam kandis sampai beraroma harum atau bumbu tumis matang.

3. Setelah bumbu tumis matang, masukkan potongan daging ayam kedalam wajan tumisan bumbu. Lalu aduk-aduk sampai tercampur merata. Lalu tutup wajan dan masak atau ungkep sebentar ayam bersama bumbu sampai bumbu meresap pada daging ayam atau daging ayam hampir matang.

4. Setelah daging ayam empuk, tambahkan air dan garam secukupnya kedalam wajan. Lalu masak ayam hingga kuah mendidih.

5. Terakhir, tambahkan kentang kedalam wajan. Lalu masak hingga daging ayam matang dan kentang menjadi empuk, dan untuk kuah menjadi menyusut dan mengental. Lalu angkat dan sajikan gulai ayam tanpa santan di mangkuk saji.

6. Gulai Ayam tanpa santan sudah siap untuk disantap bersama dengan tambahan sayur dan Sambal Cabe Hijau Padang, atau Sambal Tempe Penyet Kemangi sebagai sambal kesukaan untuk sambal pelengkap menu makan keluarga Anda.

Bagaimana! Cukup mudah kan, cara membuat gulai ayam tanpa santan nya? Selamat mencoba membuat resep gulai ayam tanpa santan dan selamat menikmati gulai ayam tanpa santan hasil masakan Anda.

Post a Comment for "Resep Gulai Ayam Tanpa Santan Padang"