Resep Gulai Kepala Ikan Kakap Padang

Gulai Kepala Ikan Kakap : Hai, fish lover... Yukk.. maree makan gulai kepala ikan kakap. Gulai kepala ikan kakap ini bikin seger dan melek mata kalo dimakan disiang bolong lho. Karena rasanya yang lezat dan kuahnya juga sedikit asam pedass, bikin badan berkeringat kalau kita sedang menyantap gulai kepala ikan kakap. Jadi, Anda akan menemukan sensasi citarasa yang berbeda saat menyantap masakan olahan berbahan baku ikan ini. Selain itu juga terkadang kita merasa bosan kalau makan ikan yang cuma digoreng seperti biasa melulu. Untuk itu, yuk mari Anda cobain masak resep gulai kepala ikan kakap ini didapur Anda.

Resep cara membuat gulai kepala ikan kakap

Bahan-bahan dan bumbu utama yang digunakan untuk membuat Gulai Kepala Ikan Kakap :
1. 1 ekor Ikan Kakap, kalau saya yang dimasak kepala ikan dan bagian ekor saja.
2. 1 buah Jeruk Nipis, diperas airnya untuk melumuri ikan.
3. 2 lembar Daun Jeruk.
4. 3 cm Lengkuas, di geprek.
5. 1 batang Sereh, di geprek.
6. 1 sendok makan Gula Jawa parut.
7. 1 sendok makan Gula Pasir.
8. 200 ml Santan Kelapa.
9. Merica bubuk secukupnya.
10. Garam secukupnya.
11. Air secukupnya.
12. Minyak Goreng secukupnya untuk menumis bumbu.

Bahan bumbu yang digunakan untuk membuat bumbu halus Gulai Kepala Ikan Kakap :
1. 10 buah Cabai Merah.
2. 10 buah Cabai Rawit merah.
3. 5 butir Bawang Merah.
4. 3 siung Bawang Putih.
5. 3 cm Kunyit.
6. 3 cm Jahe.
7. 1 sendok teh Ketumbar bubuk.

Cara membuat Gulai Kepala Ikan Kakap :
1. Potong dan cuci sampai bersih ikan kakap, kemudian lumuri ikan kakap dengan air perasan jeruk nipis. Setelah itu, diamkan ikan kakap selama 20 menit. Seaudah itu, bilas ikan kakap dengan Air, lalu tiriskan.

2. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng secukupnya. Lalu tumis bahan bumbu halus hingga beraroma harum. Setelah itu, masukkan daun jeruk, lengkuas, dan sereh kedalam wajan. Lalu aduk-aduk sampai merata.

3. Sesudah itu, masukkan santan kelapa bersama air kedalam wajan. Kemudian masak sambil terus diaduk-aduk, agar santan tidak pecah. Lalu masukkan gula jawa dan gula pasir kedalam wajan. Lalu masak bumbu hingga meletup letup.

4. Setelah bumbu mendidih, masukkan ikan kakap kedalam wajan. Kemudian masak sambil sesekali ikan kakap dibalikan dan disiram dengan kuah bumbu, agar bumbu dapat meresap rata. Tapi jangan sering-sering dibalik ya, karena ikan kakap bisa hancur. Masak hingga bumbu meresap dan ikan kakap matang. Lalu angkat dan sajikan gulai kepala ikan kakap dipiring saji.

5. Gulai kepala ikan kakap sudah siap untuk disantap bersama dengan sayur kesukaan dan Sambal kesukaan sebagai menu pelengkap makan keluarga Anda.

Bagaimana! Cukup mudah kan, cara membuat gulai kepala ikan kakapnya? Selamat mencoba membuat resep gulai kepala ikan kakap dan selamat menikmati gulai kepala ikan kakap hasil buatan Anda.

Post a Comment for "Resep Gulai Kepala Ikan Kakap Padang"