Resep Sambal Balado Terong Ungu + Pete

Sambal Balado Terong Ungu : Hai, hai, haiiii, untuk hari ini spesial bikin sambal balado terong ungu untuk menu tambahan makan siang ini. Kebetulan tadi pagi, pas kewarung sayur ada terong yang masih seger. Tanpa pikir panjang lebar lagi, aku ambil dah terongnya untuk dibikin sambal balado terong ungu. Kebetulan udah lama juga enggak masak sambal balado terong ungu ini semenjak puasa kemaren. Jadi, biar gak lama-lamaan, langsung aja yuk, kita eksekusi terongnya untuk dibuat sambal balado terong ungu, sesuai dengan tema resep hari ini.

Resep sambal balado terong ungu pete

Bahan-bahan utama yang digunakan untuk membuat Sambal Balado Terong Ungu :
1. 500 gram Terong ungu.
2. 1/2 papan Pete (opsional).
3. 1 buah Tomat.
4. 150 ml Air.
5. Minyak Goreng secukupnya.

Bahan bumbu yang digunakan untuk membuat bumbu Sambal Balado Terong Ungu :
1. 10 buah Cabai Merah besar.
2. 4 butir Bawang Merah.
3. 3 siung Bawang Putih.
4. Garam secukupnya.
5. Gula Pasir secukupnya.
6. 1/2 sendok teh Kaldu Bubuk atau Penyedap Rasa sesuai selera.

Cara membuat Sambal Balado Terong Ungu :
1. Cuci terlebih dahulu terong yag sudah anda siapkan. Lalu potong-potong terong dengan ukuran sesuai selera, setelah selesai sisihkan.

2. Siapkan wajan untuk menggoreng dan panaskan minyak goreng secukupnya. Lalu goreng terong sampai matang, lalu angkat dan tiriskan.

3. Kupas pete, lalu belah menjadi dua bagian. Lalu potong tomat menjadi 6 bagian dan iris tipis bawang merah. Lalu, haluskan bawang putih dan cabai merah besar. Setelah selesai sisihkan.

4. Siapkan wajan dan panaskan kembal minyak goreng secukupnya. Lalu masukan bumbu yang sudah dihaluskan beserta bawang merah dan tomat. Lalu aduk-aduk dan tumis bahan bumbu sampai mengeluarkan aroma harum.

5. Setelah bumbu tumis harum, masukan pete kedalam wajan. Lalu aduk-aduk merata dan masak sampai pete layu. Lalu tambakan air kedalam wajan tumisan. Lalu aduk-aduk kembali sampai merata.

6. Sesudah itu, tambahkan bahan bumbu lainnya seperti garam, gula pasir secukupnya dan penyedap rasa. Lalu aduk-aduk dan masak sampai bumbu larut serta kuah meletup-letup.

7. Setelah itu, masukkan terong yang sudah digoreng tadi kedalam wajan tumisan bumbu . Lalu aduk-aduk sampai merata dan masak sebentar saja. Lalu angkat dan sajikan sambal balado terong ungu dipiring saji.

8. Sambal balado terong ungu sudah siap untuk disantap sebagai sambal pendamping lauk Empal Gepuk Serundeng atau dengan lauk Gulai Ayam Tanpa Santan sebagai sambal pelengkap menu makan Anda.

Bagaimana! Cukup mudah kan, cara membuat sambal balado terong ungunya? Selamat mencoba memasak resep sambal balado terong ungu dan selamat menikmati sambal balado terong ungu hasil masakan Anda.

Post a Comment for "Resep Sambal Balado Terong Ungu + Pete"