Resep Opor Ayam Kuah Kuning

Opor Ayam Kuning : Tidak usah ditanya lagi juga kalau resep masakan dari olahan ayam ini banyak yang menggemari, karena rasanya yang enak dan gurih rasanya, karena pakai santan. Tapi tidak sedikit juga yang gak suka dengan masakan bersantan karena takut kolesterolnya naik, tapi kalau sesekali gak apalah makan masakan bersantan, asal jangan sering-sering aja yaa, kalau takut kolesterolnya naik sih katanya...

Untuk resep opor ayam kuah kuning ini saya bikin gak begitu kental banget kuahnya, karena untuk masakan opor ayam ini untuk santan bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Dan untuk bumbu rempahnya juga masih sama seperti resep opor ayam pada umumnya yang biasa kita makan untuk menu makan sehari-hari. Untuk yang mau belajar masak opor ayam kuah kuning, resep opor ayam kuah kuning nya bisa dibaca dan cara bikinnya juga bisa dipraktekkan seperti yang saya tulis dibawah ini ya...

Resep opor ayam kuning

Bahan-bahan dan bumbu utama yang digunakan untuk membuat Opor Ayam Kuah Kuning :
1. 1 ekor Ayam Kampung.
2. 2 lembar Saun Salam.
3. 2 cm Lengkuas, di geprek.
4. 1 batang Serai, di geprek.
5. 5 lembar Daun Jeruk.
6. 1 sendok makan Gula Jawa.
7. Penyedap jamur secukupnya.
8. Garam secukupnya.
9. 2 liter Santan atau sesuai selera kekentalannya.
10. 2 buah Jeruk Nipis, diambil airnya.
11. Air secukupnya.

Bahan bumbu yang digunakan untuk membuat bumbu halus Opor Ayam Kuah Kuning :
1. 12 burir Bawang Merah.
2.  7 siung Bawang Putih.
3. 7 butir Kemiri, di sangrai.
4. 1 sendok teh Ketumbar, di sangrai.
5. 1-2 cm Kunyit.
6. 1-2 cm Kencur.
7. 1/2 sendok teh Merica butiran.
8. Minyak Goreng secukupnya.

Cara membuat Opor Ayam Kuah Kuning :
1. Potong-potong daging ayam dengan ukuran sesuai selera Anda. Lalu cuci sampai bersih daging ayam. Lalu kucuri daging ayam dengan air jeruk nipis dan taburi dengan sedikit garam. Lalu diamkan daging ayam selama 15 menit, lalu bilas dengan air kembali sampai bersih dan tiriskan.

2. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng secukupnya. Lalu tumis bahan bumbu yang sudah dihaluskan sampai beraroma wangi.

3. Setelah bumbu tumis wangi, masukkan potongan daging ayam kedalam wajan. Lalu aduk-aduk merata dan masak sampai daging ayam berubah warna.

4. Setelah itu, masukkan semua bahan bumbu opor ayam yang tersisa seperti daun salam, lengkuas, serai, daun jeruk, gula jawa, penyedap jamur dan garam secukupnya kedalam wajan. Lalu aduk-aduk kembali sampai semua bahan bumbu tercampur merata.

5. Sesudah itu, masukkan sedikit air atau secukupnya kedalam wajan. Lalu masak dan biarkan hingga kuah bumbu mendidih. Lalu Koreksi Rasa.

6. Sesudah rasa kuah opor ayam sesuai selera, masukkan santan kelapa kedalam wajan. Lalu aduk-aduk sesekali dan masak sampai daging ayam menjadi empuk atau opor ayam matang. Lalu angkat dan sajikan opor ayam kuah kuning diatas mangkuk dengan ditaburi bawang goreng.

7. Opor ayam kuah kuning sudah siap untuk disantap bersama Nasi Liwet Magic Com, dengan tambahan Sambal Goreng Kentang Ati Ampela, atau dengan Lidah Sapi masak Asam Manis, dan dengan Lalapan atau Sayur kesukaan untuk jadi menu pelengkap makan Anda.

Bagaimana! Cukup mudah kan, cara membuat opor ayam kuah kuningnya? Selamat mencoba memasak resep opor ayam kuah kuning dan selamat menikmati opor ayam kuning hasil masakan Anda.

Post a Comment for "Resep Opor Ayam Kuah Kuning"