Resep Sambal Tempe Penyet Daun Kemangi

Sambal Tempe Penyet Kemangi : Menu ala kampung kayak gini selalu jadi menu sambal favorit yang juaraa. Dijamin enakk, apalagi kalo makannya pake nasi panas. Walaupun resepnya resep masakan sambal murah meriah juga. Pas kebetulan daun kemanginya hasil nanam sendiri udah gondrong, dan udah perlu di panen, jadi dibikin sambel tempe kemangi aja.

Cara bikin sambal tempe penyet kemangi ini sangat simpel, jadi bisa dibikin dadakan kalo kepengen makan sambal ini. Selain cara bikinnya yang simpel, tapi untuk rasanya gak usah ditanya lagi. Asalkan sambal ini dimakan dengan nasi anget, makan sampe dua piring juga gak kerasa seperti udah makan banyak lho....heheehe.

Resep sambal tempe penyet daun kemangi

Bahan-bahan utama yang digunakan untuk membuat Sambel Tempe Penyet Daun Kemangi :
1. Tempe secukupnya.
2. Daun Kemangi secukupnya.
3. 1 buah Jeruk Limau.
4. Minyak Goreng secukupnya.

Bahan bumbu yang digunakan untuk membuat Sambel Tempe Penyet Daun Kemangi :
1. 15 buah Cabai Rawit (pedas nya sesuai selera ya).
2. 5 buah Cabai Merah keriting.
3. 5 butir Bawang Merah.
4. 3 siung Bawang Putih.
5. 3 cm Kencur.
6. 1/2 sendok teh Terasi, dibakar sebentar.
7. 1/2 sendok teh Gula Merah.
8. Garam secukupnya.

Cara membuat Sambal Tempe Penyet Daun Kemangi :
1. Potong-potong tempe, ukuran bisa sesuai selera. Sesudah itu, rendam sebentar dengan air dan taburi dengan garam secukupnya. Lalu diamkan tempe sebentar.

2. Siapkan wajan untuk menggoreng dan panaskan minyak goreng secukupnya. Lalu goreng tempe dalam minyak panas sebentar, lalu angkat dan tiriskan.

3. Selanjutnya, goreng juga semua bahan sambal sebentar saja, atau sampai bahan sambal menjadi sedikit layu. Lalu angkat dan lalu di ulek sampai halus.

4. Cek Rasa Sambal, sesudah sambal ditambahkan gula merah dan garam secukupnya. Lalu aduk-aduk dan tuang sedikit minyak goreng panas kedalam sambal.

5. Setelah itu, masukkan tempe dan daun kemangi kedalam sambal. Lalu ulek kasar sambal, dan diaduk-aduk merata. Lalu kucuri sambal dengan air jeruk limau secukupnya dan selesai.

6. Sambal tempe penyet kemangi sudah siap disantap bersama nasi panas, dan dengan lauk Opor Ayam Kuah Putih atau dengan lauk Kari Daging Sapi Tanpa Santan sebagai pelengkap menu makan Anda.

Bagaimana! Cukup mudah kan, cara membuat sambal tempe penyet kemanginya? Selamat mencoba memasak resep sambal tempe penyet kemangi dan selamat menikmati sambal tempe penyet daun kemangi hasil buatan Anda.

Post a Comment for "Resep Sambal Tempe Penyet Daun Kemangi"