Resep Pecak Ikan Nila Bumbu Betawi

Pecak Ikan Nila : Senang banget nemu bunga kecombrang, kalo dicampur ke olahan masakan ikan nila jadi enakk banget rasanya, wangi aroma bunga kecombrangnya hemmm... Harummm nya, khas sekali dan rasanya enakk, kaya berasa ada getir-getirnya di lidah. Bagi Anda yang baru pertama nyicip masakan dengan campuran bunga kecombrang, pasti cita rasanya sedikit agak aneh di lidah. Tapi kalo udah terbiasa bakal ketagihan dan akan selalu kangen dengan menu masakan ini.

Namun, untuk bunga kecombrangnya, kalo Anda tidak suka, bisa juga gak pake campuran bunga kecombrang. Karena resep ini opsional aja sifatnya, tergantung selera Anda masing-masing ya!
Biar gak penasaran, yukk cobain masak resep pecak ikan nila pake kecombrangnya didapur masing-masing. Selamat mencoba memasak resep pecak ikan nila nya teman-teman, semoga resep pecak ikan nila ini rasanya sangat cocok dengan lidah Anda, sehingga makan malam Anda menjadi sangat penuh sensasi dan cita rasa.

Resep pecak ikan nila

Bahan-bahan dan bumbu utama yang digunakan untuk membuat Pecak Ikan Nila :
1. 2 ekor Ikan Nila, kurleb berat 800 gram.
2. 1 buah Jeruk Nipis, di ambil airnya.
3. 500 ml Santan Kelapa.
4. 10 buah Cabai Rawit, biarkan utuh.
5. 3 buah Daun Jeruk Nipis.

Bahan bumbu yang digunakan untuk membuat bumbu halus Pecak Ikan Nila :
1. 3 kuntum Bunga Kecombrang, berat 70 gram (opsional).
2. 5 butir Kemiri.
3. 2 buah Cabai Merah besar.
4. 8 buah Cabai Rawit.
5. 4 buah Bawang Merah.
6. 2 buah Bawang Putih.
7. 1 butir Tomat.
8. 4 cm Jahe.
9. 2 cm Kunyit.
10. Garam secukupnya.
11. Gula Pasir secukupnya.
12. Minyak Goreng secukupnya untuk menumis bumbu.

Cara membuat Pecak Ikan Nila :
1. Bersihkan sisik, insang dan daleman ikan, lalu cuci sampai bersih ikan. Setelah itu, kucuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam. Lalu diamkan ikan kuran Lebih selama 15 menit.

2. Siapkan wajan untuk menggoreng ikan dan panaskan minyak goreng secukupnya. Lalu goreng ikan sampai warnanya menjadi kecoklatan dan ikan nila goreng matang. Lalu angkat dan tiriskan.

3. Selanjutnya, membuat bumbu pecak ikan nila:
Siapkan panci dan isi dengan air secukupnya, lalu masukan semua bahan bumbu halus kedalam panci. Lalu rebus bahan bumbu kurang lebih selama 3-5 menit setelah air mendidih (untuk bahan bumbu disangrai juga bisa ya..). Sesudah itu, baru kemudian bahan bumbu halus di haluskan.

4. Siapkan wajan untuk menumis bumbu dan panaskan minyak goreng secukupnya. Lalu tumis sambil diaduk-aduk bahan bumbu halus beserta daun jeruk sampai keluar aroma wanginya.

5. Setelah bumbu wangi, tambahkan santan kelapa, cabai rawit utuh, garam dan gula pasir secukupnya kedalam wajan tumisan bumbu. Lalu aduk-aduk sampai merata, dan masak sampai santan matang dan kuah menjadi menyusut. Koreksi Rasanya, jika rasa sudah pas, matikan api kompor.

6. Tata ikan nila goreng di piring saji, lalu siram ikan nila goreng dengan bumbu pecak. Lalu tambahkan garnish atau lalapan kesukaan Anda bila suka, dan sajikan pecak ikan nila selagi masih panas.

7. Pecak ikan nila sudah siap untuk disantap bersama nasi hangat dan tambahan sambal kesukaan untuk menjadi menu makan malam Anda yang penuh citarasa.

Selamat mencoba memasak resep pecak ikan nila dan selamat menikmati pecak ikan nila hasil masakan Anda yang penuh citarasa sebagai menu lauk makan malam Anda.

Post a Comment for "Resep Pecak Ikan Nila Bumbu Betawi"