Resep Masakan Ikan Mas Rica-Rica

Ikan Mas Rica Rica : Hari libur itu waktunya masak, lalu,,, menu resep masakan apa yang hari ini ya yang akan dishare? Resep masakan ikan mas rica rica. Seringkali anak-anak juga bertanya kalau sedang ada dirumah... Bunda mau masak apa hari ini? Bunda masak ikan apa hari ini? Jadi ya tinggal dijawab saja kalau hari ini bunda mau masak lauk olahan pakai resep masakan ikan mas rica rica.

Cara masak ikan mas rica rica ini sangat mudah dan tidak menggunakan bahan bumbu yang macem-macem. Bumbu yang dipakai untuk masak ikan mas rica rica ini sangat simple bumbunya dan bumbu biasa ini sudah selalu tersedia di dapur. Jadi biar gak berlama-lama, yukk langsung saja kita masak ikan mas rica ricanya didapur.

Resep masakan ikan mas rica rica

Bahan-bahan yang digunakan untuk Resep masakan Ikan Mas Rica Rica :
1. 4 ekor Ikan Mas Segar.
2. 3 lembar Daun Jeruk Purut.
3. 1 batang Serai, di memarkan.
4. 1 cm Jahe, di memarkan.
5. 1 buah Tomat, di potong-potong.
6. 1/2 sendok teh Gula Pasir.
7. 1/2 sendok teh Garam.
8. 2 sendok teh Air Jeruk Nipis.
9. Minyak Goreng secukupnya.

Bahan bumbu ikan mas rica rica yang dihaluskan:
1. 2 siung Bawang Putih.
2. 1/2 sendok teh Ketumbar bubuk.
3. 1/2 sendok teh Merica bubuk.
4. 1/2 sendok makan Garam.
5. Minyak Goreng secukupnya.

Bahan untuk bumbu ikan mas rica-rica yang di ulek kasarnya:
1. 6 buah Bawang Merah.
2. 5 buah Cabai Rawit.
3. 3 buah Cabai Merah besar.
4. 5 buah Cabai Merah keriting.
5. 2 sendok teh Air Jeruk Nipis.

Cara memasak Ikan Mas Rica-Rica :
1. Bersihkan sisik, isi perut dan insang ikan mas. Lalu krat-krat pada bagian kedua sisi perut ikan mas agar bumbu yang dilumuri bisa meresap pada bagian dalam daging ikan mas. Setelah itu, cuci sampai bersih ikan mas.

2. Sesudah ikan mas dibersihkan, lumuri ikan mas dengan air jeruk nipis, ketumbar, bawang putih, merica bubuk dan garam. Usahakan ikan dapat terlumuri secara merata oleh bumbu secara keseluruhan. Sesudah itu, diamkan ikan mas selama kurang lebih 15 menit untuk proses marinasi, agar bumbu dapat meresap kedalam bagian dalam daging ikan mas.


3. Siapkan wajan untuk menggoreng dan panaskan minyak goreng secukupnya. Lalu, goreng ikan mas dengan menggunakan nyala api sedang hingga ikan mas berwarna kecoklatan atau ikan mas matang. Lalu angkat ikan mas dan tiriskan.

4. Selanjutnya memasak bumbu ikan mas rica-ricanya:
Siapkan wajan untuk menumis dan panaskan minyak goreng secukupnya. Lalu masak bahan bumbu yang sudah di ulek kasara dan tumis bahan bumbu yang sudah di ulek kasar hingga beraroma harum.

5. Sesudah itu, masukkan perasan air jeruk nipis berserta dengan jahe kedalam bumbu tumis. Kemudian tumis bumbu hingga beraroma harum kembali tercium.

6. Sesudah itu, masukkan tomat kedalam bumbu tumisan. Lalu aduk-aduk kembali dan tumis tomat hingga setengah layu, lalu tambahkan gula pasir dan garam kedalam bumbu tumis. Lalu aduk-aduk kembali sampai bumbu tercampur merata.

7. Koreksi Rasanya, agar rasa bisa disesuaikan dengan selera anda. Jika rasa sudah pas, matikan api kompor. Lalu angkat tumisan bumbu rica-rica dan siramkan bumbu rica-rica ke atas ikan mas goreng yang sudah disiapkan dipiring saji. Boleh ditambahkan cabai rawit atau dihiasi dengan acar.

8. Ikan mas rica-rica siap untuk di nikmati bersama dengan nasi hangat, dan dilengkapi dengan Sayur Brokoli Jamur saus Tiram atau dengan sayur Tumis Bayam Saus Tiram, bersama dengan Sambal Kukus sebagai sambal pelengkap menu makan keluarga Anda.

Gimana! Cukup mudah kan, cara memasa ikan mas rica-rica nya? Selamat mencoba memasak resep masakan ikan mas rica rica dan selamat menikmati masakan ikan mas rica rica hasil masakan Anda, semoga semua keluarga Anda suka.

Post a Comment for "Resep Masakan Ikan Mas Rica-Rica"