Resep Sambal Terasi Kukus

Sambal Terasi Kukus : Sebagai pelengkap menu makan hari ini, saya akan membuat sambal terasi kukus. Seperti yang kita ketahui, se enak apapun menu masakan yang akan kita makan, kalau makannya tidak dilengkapi dengan sambal, makan akan terasa seperti hambar semua masakan kita. Apalagi jika Anda sudah terbiasa makan dengan menu tambahan sambal disetiap menu makan Anda. Sehingga akan menambah rasa nikmat disetiap kita makan sehari-hari kita dan tidak menjadikan menu masakan kita bagai sayur tanpa garam.

Resep sambal terasi kukus ini sepertinya sudah menjadi salah satu sambal pavorit saya. Karena selain cara membuat sambal terasi kukus ini yang sangat mudah, dan untuk bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sambal terasi kukus ini juga sudah tersedia didapur semua bahannya.

Sambal terasi kukus

NOTE: Sambal terasi kukus harus dikonsumsi sampai habis pada hari itu juga, karena sambal terasi kukus tidak seawet sambal terasi yang digoreng.

Bahan-bahan yang harus Anda siapkan untuk membuat Sambal Terasi Kukus :
1. 8 buah Cabai Rawit, atau pedas bisa sesuai selera.
2. 5 buah Cabai Merah.
3. 2 sendok teh Terasi Bakar.
4. 1 siung Bawang Putih.
5. 1 buah Tomat ukuran sedang.
6. Gula Pasir secukupnya.
7. Garam secukupnya.

Bahan pelengkap sambal terasi kukus:
1. Ikan Asin Goreng.
2. Tempe Goreng Tepung.
3. Tahu Goreng.
4. Terong Goreng.
5. Daun Selada.
6. Jeruk Nipis.

Cara membuat Sambal Terasi Kukus :
1. Siapkan panci kukusan, lalu kukus bahan sambal seperti cabai merah, bawang putih dan tomat sampai lunak atau kurang lebih kukus selama 5 menit. Lalu angkat dan tiriskan.

2. Siapkan ulekan, lalu ulek bahan sambal yang sudah di kukus tadi dengan menggunakan cobek. Ulek sambal sampai halus atau sesuai selera Anda.

3. Setelah sambal halus, tambahkan terasi, gula pasir dan secukupnya atau sesuai dengan selera anda. Lalu aduk-aduk sambal, agar semua bahan sambal dapat tercampur dengan merata. Lalu angkat dan sajikan sambal di mangkuk saji atau sambal disajikan diatas cobek.

4. Sambal terasi kukus siap untuk di hidangkan bersama lauk Daging Gepuk Serundeng, atau dengan lauk Ayam Goreng Kremes mbok Berek sebagai lauk kesukaan untuk menu lauk pelengkap makan keluarga Anda.

Gimana! Cukup mudah kan, Cara membuat sambal terasi kukus nya? Selamat mencoba membuat resep sambal terasi kukus dan selamat menikmati sambal terasi kukus hasil buatan Anda. Semoga semua keluarga Anda suka.

Post a Comment for "Resep Sambal Terasi Kukus"