Resep Cara membuat Kue Kukus Gula Merah

Kue Kukus Gula Merah : Waktu hujan sore-sore lemarin, lagi enggak punya makan cemilan, pas mau bebikinan kue, eh stok telur cuma tinggal 2 buah, ya udah akhirnya bikin kue kukus gula merah ini yang gak pake telur. Tapi rasanya tetep enkak juga kok, dan hasilnya juga kue kukus gula merahnya tetap mekar merekah. Jadi gak sia-sia bikin kue gula merah ini yang bikinnya buru-buru supaya kue cepet mateng. Trus kalau teman-teman mau bikin kue kukus gula merah yang seperti saya, ini resep kue kukus gula merahnya sudah saya tulis seperti yang ada dibawah ini yah berikut cara membuat kue kukus gula merah nya:

Kue kukus gula merah

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Kue Kukus Gula Merah :
1. 125 gram Gula Merah, di iris halus.
2. 125 cc Air.
3. 125 gram Tepung Terigu.
4. 1/2 sendok teh Baking Powder.
5. 1/4 sendok teh Baking Soda.
6. 1/2 sendok teh Garam.
7. 1 sendok teh Kayu Manis bubuk (boleh skip).
8. 50 ml Minyak Goreng kualitas baik.

Cara membuat Kue Kukus Gula Merah :
1. Siapkan panci diatas kompor, lalu masak air dan gula merah sisir sampai larut dan mendidih. Setelah itu, matikan api kompor dan biarkan air gula menjadi hangat. Sesudah hangat, saring saring air gula merah kedalam wadah, lalu sisihkan.

2. Siapkan wadah kembali, lalu campur tepung terigu, garam, baking powder dan kayu manis bubuk kedalam wadah.

3. Setelah itu, masukkan air gula yang sudah di saring tadi kedalam adonan campuran tepung terigu. Lalu aduk-aduk hingga tercamput merata dengan menggunakan whisk.

4. Sesudah itu, tambahkan baking soda kedalam adonan. Lalu aduk-aduk merata kembali. Terakhir tambah minyak kedalam adonan, lalu aduk-duk sampai tercampur merata dan adonan kue gula merah jadi.

5. Selanjutnya, tuang adonan kue gula merah kedalam cup sampai penuh. Lakukan sampai adonan kue gula merah habis.

6. Sesudah itu, kukus adonan kue gula merah selama kurang lebih 20 menit dengan nyala api besar. Beri kain serbet pada tutup kukusan dan jangan buka tutup kukusan sebelum 20 menit ya....sebelum kue kukus gula merah matang.

7. Angkat kue gula merah dan keluarkan kue gula merah dari cup kue untuk disimpan di piring saji untuk dinikmati.

Baca juga:
Resep Kue Lapis Susu.
Resep Kue Putu Mayang.
Resep Kue Lumpur Labu Kuning.
Resep Bolu Ketan Hitam Panggang.

Selamat mencoba membuat kue kukus gula merah dan selamat menikmati kue gula merah hasil buatan Anda. Semoga semua keluarga Anda suka dengan kue kukus gula merah hasil buatan Anda. Dan semoga resep kue kukus gula merah di web Belajar Memasak ini bisa bermanfaat bagi banyak orang yang akan membuat kue kukus gula merah.

Post a Comment for "Resep Cara membuat Kue Kukus Gula Merah"