Resep Cara membuat Kue Putu Mayang Resep Kue Tradisional

Kue Putu Mayang : Kue putu mayang merupakan salah satu kue tradisonal kesukaan saya. Kalau dulu waktu saya masih sekolah, kue ini banyak dijual di kantin sekolahku dulu. Tapi sekarang yang jual kue putu mayang ini sepertinya sudah sulit ditemukan lagi. Mungkin kue putu mayang ini sudah mulai di telan jaman dan sekarang sudah banyak kue-kue baru. Sehingga kue putu mayang ini sudah ditinggalkan dan memilih untuk berjualan kue yang kekinian.

Resep kue putu mayang

Resep kue putu mayang ini juga didapat dari catatan lamaku yang teraimpan di notebook. Cara bikin kue putu mayang ini sebenarnya sangat mudah sekali lho bun.. Jadi, bagi yang mau bernostalgia dengan kue putu mayang ini bisa bikin sendiri dirumah kalau mau. Dan resep kue putu mayang yang saya tulis disini bisa dipraktekan di dapur Anda jika mau membuat kue putu mayang.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Kue Putu Mayang :
1. 150 gram Tepung Beras.
2. 50 gram Tepung Sagu atau Tepung Tapioka.
3. 300 ml Santan kelapa.
4. 2 sendok makan Gula Pasir.
5. 1/2 sendok teh Garam.
6. Pewarna Makanan warna hijau dan ungu atau sesuai selera Anda.

Bahan Saus Kuah Kue Putri Mayang :
1. 200-350 ml Santan kelapa.
2. 50 gram Gula Merah.
3. 1 sendok makan Tepung Maizena, di larutkan dengan 50 ml santan.
4. 1 lembar Daun Pandan.
5. Sejumput Garam.

Cara membuat Kue Putu Mayang :
1. Didalam wadah, campur tepung beras, gula pasir, garam dan santan menjadi satu. Lalu aduk-aduk adonan hingga tercampur merata.

2. Sesudah itu, masak adonan diatas kompor dengan nyala api sedang hingga adonan menjadi menggumpal. Lalu matikan api dan angkat adonan.

3. Sesudah itu, masukkan tepung sagu atau tepung tapioka kedalam adonan yang sudah dimasak tadi. Lalu uleni atau aduk menggunakan pengaduk atau dengan tangan. Uleni adonan hingga tercampur rata atau adonan kue putu mayang jadi.

4. Sesudah itu, bagi adonan menjadi 3 atau beberapa bagian. Lalu beri adonan pewarna makanan sesuai selera. Kecuali adonan yang tidak berwarna atau berwarna putih.

5. Selanjutnya, lumuri cetakan kue dengan minyak goreng bersih, agar gampang mencetak adonan kue putu mayang nya.

6. Masukan adonan kue putu mayang kedalam cetakan, lalu cetak adonan kue putu mayang diatas wadah yang sudah diolesi minyak sayur juga. Cetak adonan kue putu mayang sampai adonan habis.

7. Lalu kukus adonan kue putu mayang kedalam kukusan yang sudah dipanaskan dahulu sebelumnya dan tutup alat pengukusnya diberi kain. Kukus kue putu mayang selama 5 menit saja. Lalu angkat dan biarkan kue putu mayang dingin.

8. Cara membuat saus kue putu mayang:
Siapkan panci, lalu campur semua bahan saus kuah kue putu mayang kedalam panci (kecuali tepung maizena). Lalu masak adonan kuah kue putu mayang diatas kompor dengan nyala api sedang.

9. Ketika adonan kuah kue putu mayang akan mendidih, masukkan tepung maizena kedalam panci adonan kuah. Lalu aduk-aduk dengan cepat dan masak adonan kuah hingga mendidih. Lalu matikan api kompor, lalu angkat kuah kue putu mayang dan kuah siap untuk disajikan bersama kue putu mayang untuk dinikmati.


Selamat mencoba membuat kue putu mayang dan selamat menikmati kue putu mayang hasil buatan Anda. Semoga semua keluarga Anda suka dengan kue putu mayang hasil buatan Anda.

Silahkan 'SHARE' Resep kue putu mayang ini ke akun media sosial Anda. Agar teman, sahabat atau saudara Anda tahu resep dan cara membuat kue putu mayang dari web Belajar Memasak ini. Semoga bermanfaat bagi banyak orang.

Post a Comment for "Resep Cara membuat Kue Putu Mayang Resep Kue Tradisional"