Resep Ikan Kembung Bakar Padang

Ikan Kembung Bakar Padang : Hai, sahabat Web Belajar Memasak.. Untuk pertama kalinya, saya akan berbagi resep masakan olahan ikan Resep Ikan Kembung Bakar Padang.

Bagi Anda yang bosan dengan menu olehan ikan yang cuma digoreng atau dibuat sup saja, mulai saat ini Anda harus mencoba berkreasi sendiri untuk membuat olahan ikan yang akan menjadi menu lauk favorit anda. Karena cara masaknya yang cukup mudah dan untuk bahan dan bumbunya pun sangat mudah didapat disekitar tempat kita lho...
Agar anda tidak penasaran, yukk langsung kita praktekan sendiri didapur Anda.

resep ikan kembung bakar padang

Sedangkan bahan dan bumbu yang harus kita anda siapkan untuk digunakan membuat ikan kembung bakar padangnya yaitu:
1. 6 ekor Ikan Kembung segar.
2. 100 ml Santan Kelapa Kental.
3. 4 lembar Daun Jeruk, dibuang batangnya.
4. 1 lembar Daun Kunyit yang masih muda, di iris tipis.
5. 2 batang Sereh, dimemarkan.
6. Air Jeruk Nipis secukupnya.
7. Gula Pasir secukupnya.
8. Garam secukupnya.
9. 2 gelas Air bersih.

Siapkan juga bahan untuk bumbu ikan kembung bakar padang yang akan dihaluskannya:
1. 15 butir Bawang Merah.
2. 6 siung Bawang Putih
3. 20 buah Cabai Rawit atau sesuai selera anda.
4. 6 buah Cabai Merah Keriting.
5. 1 ruas ibu jari Kunyit.
6. 1 ruas ibu jari Jahe.

Jika semua bahan dan bumbu untuk membuat ikan kembung bakar padangnya sudah siap semua, yuuk mari kita buat ikan kembung bakar padangnya:

Cara masak Ikan Kembung Bakar Padang :
1. Bersihkan sisik dan daleman ikan, lalu cuci sampai bersih ikan. Setelah itu, taburi ikan dengan garam dan jeruk nipis secukupnya (agar bau amisnya hilang). Sesudah itu, diamkan ikan selama kurang lebih 10-15 menit, lalu sisihkan.

2. Siapkan wajan, lalu masukkan santan kelapa kental kedalam wajan. Berserta dengan, daun jeruk, daun kunyit, bumbu halus dan air. Lalu aduk-aduk dan masak bumbu santan agak lama, atau sampai bahan bumbu benar-benar matang.

3. Setelah bumbu matang, masukkan ikan kedalam wajan. Beserta dengan garam secukupnya dan sedikit gula. Lalu masak kembali sampai bumbu benar-benar meresap pada daging ikan dan kuah menjadi menyusut. Agar tekstur ikannya tidak hancur, cukup 1x balik saja ya,, masak ikannya. Lalu angkat dan sisihkan.

4. Siapkan alat untuk membakar ikan dengan arang yang sudah menjadi bara api. Lalu bakar ikan sambil diolesi dengan bumbu sisa memasaknya. Balik ikan jika salah satu sisinya sudah matang, sambil di olesi kembali dengan bumbu sisanya. Bakar ikan sampai kedua sisinya matang, lalu angkat dan sajikan ikan kembung bakar dipiring saji.

5. Ikan kembung bakar padang sudah siap untuk disantap bersama dengan nasi hangat. Beserta dengan lalapan dan sambal tambahan sebagai pelengkap menu ikan kembung bakar padang buatan Anda.

Gimana Sahabat Web Belajar Memasak! Cukup mudah kan, cara masak Ikan Kembung Bakar Padang'nya?
Selamat mencoba dan semoga Anda menjadi Pintar Memasak dengan adanya resep ikan kembung bakar padang yang di share oleh Web Belajar Memasak ini ya....

Post a Comment for "Resep Ikan Kembung Bakar Padang"