Resep Gulai Ikan Mas Bumbu Kuning Padang

Gulai Ikan Mas : Hmmm ini dia salah satu menu masakan favorite saya, resep masakan dari olahan ikan mas. Lauk ikan mas ini selain bisa dibuat pepes juga bisa dibikin gulai, ikan mas ini walaupun banyak durinya, tapi tekstur dagingnya lembut, terasa manis dan juga gurih, apalagi telur ikan mas, rasanya gurih banget, nyummy deh pokoknya...

Oh iya, tipsnya nih, kalo beli ikan mas di usahakan yang masih hidup ya ikan masnya. Karena biasanya tekstur dagingnya lebih kenyal dibanding dwmengan ikan mas yang dibeli ketika udah mati atau yang sudah di simpan dilemari es. Cobain deh resep gulai ikan mas ala saya, dijamin gak bakalan tercium bau amisnya...

Resep gulai ikan mas bumbu kuning

Bahan-bahan dan bumbu utama yang digunakan untuk membuat Gulai Ikan Mas Bumbu Kuning Padang :
1. 1 kilo gram Ikan Mas yang msh hidup atau segar (kalo saya biasanya minta ikan mas yang sedang bertelur sama tukang ikannya).
2. 1 ikat Kacang Panjang atau secukupnya.
3. 1 sachet kecil Santan Instan.
4. 5 buah Cabai Rawit Merah.
5. 3 lembar Daun Jeruk.
6. 1 lembar Daun Salam.
7. 1 batang Serai, di geprek.
8. 2 cm Lengkuas, di geprek.
9. 1 cm Asam Kandis.
10. 2 buah Jeruk Nipis, diambil airnya.
11. Garam secukupnya.
12. Gula Pasir secukupnya.
13.  300 ml Air.

Bahan bumbu yang digunakan untuk membuat bumbu halus Gulai Ikan Mas Bumbu Kuning Padang :
1. 5 buah Cabai Merah keriting.
2. 3 siung Bawang Putih.
3. 6 butir Bawang Merah.
4. 2 cm Jahe.
5. 4 cm Kunyit.
6. 3 buah Kemiri.
7. 1/2 sendok teh Merica Bubuk.
8. Minyak Goreng secukupnya.

Cara memasak Gulai Ikan Mas Bumbu Kuning Padang :
1. Bersihkan dahulu sisik, insang dan jeroan ikan mas, lalu potong-potong ikan mas ukuran sesuai selera. Lalu cuci sampai bersih ikan mas, lalu kucuri ikan mas dengan air jeruk nipis dan garam. Sesudah itu, diamkan ikan mas selama 10 menit dan sisihkan.

2. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng secukupnya, lalu tumis bahan bumbu yang sudah dihaluskan hingga beraroma harum dan matang.

3. Setelah bumbu tumis matang, lalu masukkan daun jeruk, daun salam, serai geprek, lengkuas geprek dan asam kandis kedalam wajan tumisan bumbu. Lalu tambahkan air dan santan kedalam wajan, lalu aduk-aduk dan masak sambil sesekali diaduk-aduk hingga santan mendidih.

4. Setelah santan mendidih, masukkan ikan mas yang sudah dibersihkan dan dipotong sesuai selera tadi kedalam wajan. Lalu tambahkan garam dan gula pasir secukupnya. Lalu aduk-aduk kembali dan masak hingga ikan mas hampir matang.

5. Terakhir, jika ikan mas sudah hampir matang, masukkan potongan kacang panjang dan cabai rawit merah utuh kedalam wajan. Lalu aduk-aduk kembali.

6. Koreksi Rasa, jika rasa sudah sesuai selera, masak gulai ikan mas hingga matang dan kuah terlihat menjadi mengental atau gulai ikan mas matang. Lalu angkat dan sajikan gulai ikan mas di piring saji.

7. Gulai ikan mas bumbu kuning padang sudah siap untuk dijadikan lauk untuk menu makan bersama sayur tumis Brokoli Jamur Saus Tiram dan sambal pelengkap Sambal Balado Terong Ungu Pete sebagai menu pelengkap makan keluarga Anda.

Bagaimana! Cukup mudah kan cara membuat gulai ikan masnya? Selamat mencoba membuat gulai ikan mas dan selamat menikmati gulai ikan mas hasil masakan Anda dari resep gulai ikan mas web belajar memasak.

Post a Comment for "Resep Gulai Ikan Mas Bumbu Kuning Padang"