Resep Rendang Jengkol Padang

Rendang Jengkol Padang : Hari ini waktunya berjengkol ria !!! Makanan olahan yang satu ini sebenarnya sih bukan favorite banget...Tapi kalau ada ya dimakan juga, karena memang rasanya enak juga sih... Walaupun masakan ini cukup sederhana, namun tetap saja, rasa enaknya gak bisa dibohongi. Walau makannya cuma pake rendang jengkol dan tempe oreg aja juga tetep enak rasanya dan udah pasti akan nambah makannya...hehehee Sengaja dan di niatin banget buatnya, karena bukan orang padang sih aku.. Tapi sedikit mencoba boleh ya, resep masakan yang berasal dari padang yang khas akan rendangnya ini. Cekidoott resep rendang jengkol versi akyu!!!!

Resep rendang jengkol padang

Bahan- bahan dan bumbu utama yang digunakan untuk membuat Rendang Jengkol Padang :
1. 500 gram Jengkol kupas.
2. 500 ml Santan Kelapa kental.
3. 2 sensok teh Garam.
4. 1 sendok makan Gula Pasir.
5. 1 sendok teh Bubuk Penyedap Rasa Ayam.
6. 4 lembar Daun Salam.
7. 2 batang Serai.
8. 1 lembar Daun Kunyit.
9. 4 lembar Daun Jeruk.
10. Kapur Sirih secukupnya.

Bahan bumbu yang digunakan untuk membuat bumbu halus Rendang Jengkol Padang :
1. 8 butir Bawang Merah.
2. 4 siung Bawang Putih.
3. 10 buah Cabai Merah kriting.
4. 3 cm Jahe.
5. 3 cm Laos.
6. 1 sendok makan Ketumbar.
7. Minya Goreng secukupnya.

Cara membuat Rendang Jengkol Padang :
1. Rendam terlebih dahulu jengkol di dalam air, kurang lebih selama semalam dengan air yang dicampur kapur sirih sedikit, (proses marinasi) agar tidak bau.

2. Setelah jengkol direndam semalaman, rebus jengkol hingga setengah matang. Lalu angkat dan tiriskan. Sesudah itu, geprek jengkol terlebih dahulu agar gepeng. Setelah selesai sisihkan.

3. Kemudian, siapkan wajan dan panaskan minyak goreng secukuonya. Lalu tumis bahan bumbu yang sudah dihaluskan hingga layu dan beraroma harum.

4. Setelah bumbu tumis harum, masukkan daun salam, serai, daun kunyit dan daun jeruk kedalam wajan.

5. Kemudian, tambahkan santan kedalam wajan sedikit demi sedikit dan jangan lupa untuk terus diaduk-aduk, agar santan tidak pecah.

6. Sesudah itu, tambahkan bahan bumbu pelengkap seperti garam, gula pasir, dan penyedap rasa sesuai selera. Lalu aduk-aduk sesekali dan masak sampai santan mendidih.

7. Sesudah santan mendidih, masukkan jengkol kedalam wajan. Lalu masak hingga matang dan kuah menjadi lebih mengental dan agak kering. Setelah rendang jengkol matang, lalu angkat dan sajikan rendang jengkol dipiring saji.

8. Rendang jengkol sudah siap untuk disantap bersama nasi hangat dan pelengkapnya, beserta sayur Tumis Bayam Saus Tiram dan Sambal Tempoyak Ikan Teri sebagai menu pelengkap makan Anda.

Bagaimana! Cukup mudah kan, cara membuat rendang jengkol padangnya? Selamat mencoba memasak resep rendang jengkol padang dan selamat menikmati rendang jengkol padang hasil masakan Anda. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Resep Rendang Jengkol Padang"