Resep Bolu Karamel Oven & Tanpa Oven/Kukus

Bolu Karamel : Hari ini dapet giliran jadi tuan rumah acara arisan keluarga di rumah... Mikir-mikir nihh.. Bikin apa yaa yang hasilnya bisa di posting dan di bagiin resepnya ke temen-temen.. Efek emak-emak kadung hobbi cekrak cekrek nihh. Buka-buka hp dan search googel.. Dapet resep kue bolu karamel... Tapi maaf.. Serat-serat bolu karamel ku bekum sekeceh punya temen-temen.. Tapi sudah kadung pede Nya.

Kalo soal rasa.. Bolu karamel ini di jamin enak banget, rasanya manisnya pas dan ada kenyel-kenyelnya pas.. Gak mblengeri...dan kayaknya anti gagal lohh... Dan resep bolu karamel ini bisa panggang pakai oven atau tanpa oven alias di kukus. Monggo bunda sista.. Kalo pengen nyoba bikin.. ini resepnya saya tulis lengkap resep dan cara membuat bolu karamel nya seperti dibawah ini.

Resep bolu karamel oven

Bahan-bahan utama yang digunakan untuk membuat Bolu Karamel :
1. 500 gram Gula Pasir.
2. 150 gram Tepung Terigu.
3. 150 gram Tepung Sagu atau Tapioka.
4. 5 butir Telur Ayam.
5. 200 ml SKM (aku cuma pake 2 saset SKM).
6. 200 gram Margarin atau Butter, di cairkan.
7. 1 sendok teh Baking Soda.
8. 1/2 sendok teh Baking Powder.
9. 500 ml Air.

Cara membuat Bolu Karamel :
1. Panaskan gula pasir sampai benar-benar meleleh atau mencair (jangan di aduk). Kemudian masukkan perlahan-lahan air kedalam adonan gula cair. Lalu aduk-aduk perlahan sampai tercampur merata sampai gula mencair semua. Lalu matikan api dan dinginkan.

2. Siapkan wadah, lalu campur tepung terigu, tepung sagu, baking powder dan baking soda kedalam wadah. Lalu aduk-aduk sampai tercampur merata, sesudah itu, sisihkan.

3. Siapkan wadah kembali, lalu kocok telur dengan whisk sampai tercampur merata. Lalu masukkan SKM kedalam kocokan telur, lalu kocok kembali searah sampai semua larut.

4. Berikutnya, masukkan tepung terigu kedalam adonan telur. Laku aduk-aduk terus, di selingi dengan memasukkan gula karamel kedalam adonan. Lalu kocok terus adonan sampai adonan tidak bergerindil dan semua bahan tercampur merata.

5. Sesudah itu, masukkan margarin/ butter cair kedalam adonan. Lalu aduk-aduk kembali sampai tercampur merata, lalu saring adonan bolu pada saat akan dituang ke loyang.

6. Olesi loyang dengan margarin/ carlo. Lalu taburi loyang dengan tepung terigu tipis-tipis. Kemudian tuang adonan kedalam loyang sambil di saring.

7. Oven adonan bolu karamel sampai matang (Adonan bolu karamel bentuknya encer, tapi ketika adonan bolu karamel matang akan padat dengan sendirinya). Angkat bolu karamel dari oven dan siap untuk di sajikan.

8. Kalau Anda ingin menjadikan bolu karamel ini tanpa oven/pengen di kukus, bunda-sista bisa mengukusnya memakai alat kukus (yang air kukusannya sudah panas dan sudah mengeluarkan uap panas) ya bunda sista. Biar hasilnya maksimal. Kukus bolu karamel sampai matang.

9. Bolu karamel sudah siap untuk di nikmati sebagai makanan cemilan kesukaan, disajikan dengan Puding Alpukat Lapis Coklat dan makanan kue yang unik yang sedang trend Kue Ulat Bulu untuk sajian kue dihari istimewa Anda.


Gimana! Cukup mudah kan, cara membuat bolu karamel nya? Selamat mencoba membuat resep bolu karamel dan selamat menikmati bolu karamel hasil buatan Anda. Semoga semua keluarga Anda suka.

Artikel terkait:
Bolu karamel, Resep bolu karamel, bolu karamel oven, Resep bolu karamel oven, Bolu karamel kukus, Resep bolu karamel kukus, Bolu karamel tanpa oven, Resep bolu karamel tanpa oven, Cara membuat bolu karamel.

Post a Comment for "Resep Bolu Karamel Oven & Tanpa Oven/Kukus"