Resep Cara membuat Kue Jadah Ketan Goreng

Jadah Ketan Goreng : Hai, sahabat web Belajar Memasak, untuk kali ini saya akan berbagi resep makanan tradisional yang terbuat dari bahan beras ketan yang dicampur dengan parutan kelapa. Resep jadah ketan goreng ini mungkin sudah banyak yang tahu dan sudah pernah memakannya, namun belum tentu Anda bisa membuatnya. Padahal cara membuat kue jadah ketan ini sangat mudah lho... Selain itu juga bahan yang digunakan untuk membuat kue jadah ketan ini sangat simpel, karena hanya memakai 3 bahan saja.

Resep kue jadah ketan

Kue jada ketan ini sangat banyak yang menamakan pada jenis makanan ini, dan semua nama itu berasal dari daerah masing masing. Selain itu juga banyak sekali yang mengolah makanan jadah ketan ini dengan cara cara tradisional lainnya. Ada yang menikmati kue jadah ketan ini dengan di goreng, dipanggang atau dibakar, bahkan ada yang menikmati kue jadah ketan ini dengan cara dicampur dengan bumbu kelapa serundeng. Nah, biar gak penasaran, langsung aja yuk kita buat kue jadah ketan nya didapur Anda.

Bahan utama yang digunakan untuk membuat Kue Jadah Ketan Goreng :
1. 1 kilo gram Beras Ketan putih.
2. 2 butir Kelapa.
3. Garam secukupnya atau sesuai selera Anda.

Cara membuat Kue Jadah Ketan Goreng :
1. Siapkan wadah dan air bersih untuk merendam beras ketan. Lalu rendam beras ketan dalam air semalaman. Lalu angkat beras ketan dan tiriskan.

2. Bersihkan kulit kelapa yang berwarna coklat, lalu parut kelapa yang sudah bersihkan kulitnya sampai selesai.

3. Selanjutnya, campur beras ketan dengan parutan kelapa tadi dan beri garam secukupnya. Lalu kukus campuran beras ketan dan kelapa parut tadi sampai setengah matang. Lalu angkat dan taruh kedalam wadah. Lalu aduk-aduk beras ketan agar tercampur merata dengan kelapa parut. Bila perlu, siram beras ketan dengan air panas agar beras ketan menjadi lebih lunak.

4. Lalu kukus kembali beras ketan sampai matang. Setelah beras ketan matang, lalu angkat, dan selagi beras ketan masih panas, tumbuk beras ketan sampai halus.

5. Sesudah beras ketan halus, cetak beras ketan dalam wadah plastik dengan bentuk atau ukuran sesuai selera. Sesudah itu, taruh kue jadah ketan diatas wadah yang sudah dialasi dengan daun pisang atau kertas nasi. Lalu biarkan kue jadah ketan.

6. Jika Anda akan menggoreng, atau memanggang atau membakar kue jadah ketan, potong-potong dahulu kue jadah ketan dengan ukuran potongan bisa disesuaikan dengan selera Anda (asal jangan terlalu tebal, agar mudah matang).

7. Lalu goreng kue jadah ketan kedalam minyak panas sampai berwarna kekuningan dan jaddah goreng matang. Lalu angkat dan sajikan kue jadah dipiring saji.

8. Kue Jadah ketan goreng sudah siap untuk di nikmati bersama dengan secangkir kopi atau teh manis hangat sebagai makanan cemilan kesukaan keluarga Anda.


Bagaimana! Cukup mudah kan, cara membuat kue jadah ketan goreng nya? Selamat mencoba membuat kue jadah ketan goreng dan selamat menikmati kue jadah ketan goreng hasil buatan Anda sendiri. Semoga semua keluarga Anda suka.

Artikel terkait:
Kue jadah, Kue jadah ketan, Resep Jadah, Jadah Goreng, Cara membuat jadah goreng, Resep membuat jadah ketan, Cara membuat ketan goreng, Resep kue jadah, Resep jadah goreng, Cara buat jadah ketan, Cara membuat jadah ketan, Cara membuat jadah.

Post a Comment for "Resep Cara membuat Kue Jadah Ketan Goreng"